Friday, October 31, 2008

Go TEAM!!!


Yesterday on the train from Strasbourg to Paris we met 3 OUTSTANDING university students from Germany. They were competing in Red Bull's "Can you make it (to Paris)" competition. If you go here, you can read about the competition. It ends today here in Paris...

I was really amazed that these three boarded the train for Paris for FREE all the way from Munich for the only 20 Red Bulls in exchange for their places on the train! I was happy we got to meet them so that I could learn about this competition! It sounded like of fun... Oh, to be young again and do things like that.  

Anyhow, please check out their site (it's all in English) and vote for them today- GER025 is there team... You sign up at the Red Bull site HERE, it only takes a few seconds to sign up and then you go to their team and vote for them! The contest is over today in France at 4 pm so please take a few moments to vote!!!! Merci

Their team site is HERE, you can check it out.

Wednesday, October 29, 2008

Terpercaya, "anak" Integritas

Asset kami adalah Karyawan, Modal dan Reputasi


Suatu hari didalam ruang yang sakral di Harvard Business School, Warrent Buffet businessman terkemuka di dunia sedang berdiskusi dengan para MBA baru. Ada satu pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang peserta : "Mr Buffet, bagaimana cara anda memutuskan untuk memperkerjakan orang ?". (Gelak tawa pecah dan ledekan muncul dari sekitar : "mau ngelamar ni ye ..")

Buffet tersenyum. Setelah suasana hening kembali, ia menjawab : Standard saya ada tiga. Yang pertama adalah Integritas, Kedua adalah Kecerdasan dan yang ke Tiga adalah tingkat energi yang tinggi. "Buffet terdiam sejenak kemudian dia mendekat kepenanya.

Sambil merapatkan wajah ke microfon yang dipegannya, dengan jernih ia katakan : "Namun jika anda tidak memiliki yang pertama, yang kedua dan ketiga menjadi
tidak berguna ...."


Pandangan seperti Buffet itu nampaknya aneh bagi sebahagian orang. Sebahagian (Besar ?) masyarakta dijaman ini memandang bahwa dalil "Integritas yang akan jadi pemenang" hanyalah sebuah ilusi, semua dipandang sebagai fatamorgana belaka.

Pada yahun 1982 Johnson and Johnson, perusahaan farmasi terkemuka menjadi buah bibir masyarakat dunia kala itu. Tujuh orang tewas setelah menenggak produknya "Tylenol ekstra kuat". Produknya tersebut ternyata telah tercemari sianida. Perusahaan berintegritas ini langsung bereaksi dengan memperingatkan masyarakat (Mengumumkan lansung melalui medi Cetak dan Elektronik) akan kemungkinan bahaya tersebut. Para Ilmuwan yang bekerja di perusahaan tersebut bergerak untuk mencari dan menentukan asal muasal racun tersebut. Produk segera ditari dari pasar dan diganti dengan produk yang aman (dan biaya 100 juta US $ harus mereka relakan pada waktu itu).

Perusahaan otomotif Toyota juga sering kita lihat, beberapa kali menarik produknya dari pasar karena kesalahan teknis produksi. Semua diperbaiki, atau diganti atas tanggungan produsen dan pembeli bebas dari biaya. Banyak contoh lain seperti diatas yang kita amati terjadi dipasar dan yang jelas benang merahnya adalah "Terpercaya" (sebagai salah satu karakteristik utama dari Integritas) adalah hal yang nyata (ada!) dan diperjuangkan (saya yakin akan terus ada dan bahkan menjadi tuntutan yang harus dipenuhi produsen).

Bila kita melihat kondisi saat ini banyak kasus makanan dan minuman yang terbukti mengandung isi yang sangat berbahaya bagi kesehatan (kasus melamin pada susu, Asphartame gula pengganti yang dapat menyebabkan lupus dan kelumpuhan otak). Apa tindakan perusahaan tersebut ? dan bagaimana pertanggung jawaban mereka kepada konsumen ?, Tindakan otoritas pemerintahan ?. Apakah cukup hanya dengan menarik produk tersebut dari pasar ? Bagaimana Fungsi pengawasan dari Pemerintah terhadap produk2 yang katanya telah mendapatkan ijin dan telah melalui pengetesan yang mendalam.

Pemerintah harusnya mampu melindungi rakyatnya dari kegiatan bisnis yang tidak benar ini, Perusahaan tersebut harus ditindak dan dihukum atas hal tersebut. Tidak hanya melakukan seremonial pemusnahan barang-barang yang dinyatakan berbahaya (diliput deh secara besar-besaran). Ironisnya lagi beberapa waktu yang lalu, Menteri Kesehatan RI menunda pemusnahan barang-barang yang akan dibakar oleh BPOM "alasan yang dikemukakan perlunya mendapat persetujuan dari atasannya". Semua kaget ! dan .. dan ... dan (Reputasi apa yang bisa dibangun oleh Pejabat seperti ini) wajar bila tingkat kepercayaan masyarakat mengalami kemerosotan terhadap pemerintah (bila banyak pejabat seperti ini).

Perilaku Korup yang merongrong Integritas terus terjadi ?, Pejabat, Anggota Dewan dan Pelaku Bisnis banyak sudah terjerat oleh KPK. Dalam kehidupan sehari-hari ada rumus 3 K yang berlaku (Kesempatan, Kemampuan dan Kemauan) yang membuat "segala sesuatu dapat terjadi" (anything possible in life). Kita lihat K-Kemauan yang menjadi akar penyebab, apa yang menyebabkan orang Mau ? dan apa yang menjadi Motivasi mereka ?. Saya yakin dan kita juga dapat sepakat bahwa semua karena "Uang"

Uang ibarat air laut (semakin diteguk, semakin membuat haus). JD Rockefeller yang kekayaannya luar luar biasa jumlahnya ditanya : "seberapa banyak uang yang bisa dinyatakan cukup", ia tersenyum dan menjawab :"Hanya sedikit lebih banyak lagi ...",

Mempunyai banyak uang, yang cara memperolehnya dilakukan secara benar adalah hal yang wajar (bahkan amat terpuji bila digunakan dan dibagikan demi emamfaatan kepada sesama). Namun bila cara memperolehnya tidak benar, itu jelas perbuatan tercela (reputasinya hancur dan akan dipermalukan).

Membangun reputasi, kepercayaan bukanlah suatu perkerjaan yang mudah dan waktunya juga tidak singkat. Namun yang tersulit adalah menjaga "Reputasi, Nama Baik dan Kepercayaan" agar tetap dan terus bertambah baik. Semuanya menjadi asset yang sangat berharga dan menjadi Trade Mark diri kita (personal branding) atau Perusahaan yang kita jalankan. Mari kita bangun dan jaga Integritas dari kita dan perusahaan tempat kita bekerja.

Mau sukses Integritas wajib Hukumnya ...




Success Process - Organisasi


Bila ingin menilai sebuah organisasi apakah sukses atau tidak, lihatlah respon mereka ketika menhadapi situasi yang sulit misalnya saat krisis ekonomi melanda, karena pada situasi inilah tampak kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Organisasi sukses biasanya dalam kondisi seperti ini tau apa yang harus segera dilakukan untuk dapat melewati fase atau masa krisis tersebut. Pada fase Krisis Moneter 1997/1998 banyak sekali organisasi yang collapse namun Astra bisa survive.


Krisis financial global saat ini juga baru terjadi dan banyak para pengamat mengatakan "krisis kali ini sangat berbeda dengan yang terjadi di periode yang lalu, namun kecemasan dan kekhawatiran dari pelaku bisnis cukup dalam. Posting kali ini mencoba menelaah faktor-faktor apa saja yang dimiliki oleh Organisasi Astra sehingga bisa bertahan dan tetap bertumbuh setelah melewati fase krisis periode yang lampau tersebut.


Prinsip Dasar Untuk Sukses

Dasar kesuksesan bagi sebuah organisasi adalah jika didalamnya oleh sumber daya manusia sukses. Yang dimaksud dengan sumber daya manusia sukses adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki sikap dasar (attitude) pemenang. Sikap dasar demikian mendorong mereka untuk senantiasa berperilaku atau bersikap sebagai berikut.

1. Menetapkan Tujuan yang hendak dicapai atau diraih.

Sebuah organisasi atau individu harus menentukan secara spesifik tujuan yang hendak dicapai atau diraih, dalam skala jangka waktu pendek, jangka waktu menengah dan jangka waktu panjang. Tujuan yang telah ditetapkan digunakan sebagai arahan sekaligus sebagai ukuran dalam melakukan aktivitas. Organisasi atau individu dapat dikatakan sukses ketika berada di dalam kondisi dimana tujuan tersebut telah dapat dicapai atau diraih.


Proses menetapkan tujuan tidak pernah berakhir, karena sebuah tujuan telah dicapai atau diraih maka harus dibuat sebuah tujuan yang baru, sukses bukanlah sesuatu yang abadi karena hanya berlaku sesaat ketika tujuan tersebut tercapai dan kembali berproses ketika tujuan baru telah ditetapkan.





2. Proaktif.

Sikap yang harus tumbuhkan dan dijaga konsistensi pelaksanaannya adalah sikap aktif dalam pemecahan masalah dan mendapatkan peluang-peluang baru untuk kemajuan dirinya dan organisasi. Sikap seperti ini tidak mudah menyerah pada kesulitan,keterbatasan dan tantangan hingga kita dapat menaklukkannya. Berhasil kembali kita mencari tantangan yang baru dan yang lebih besar.


Perilaku proaktif menghasilkan energi yang besar yang membuat kita semakin percaya diri, kepercayaan diri ini akan sangat membantu untuk dapat memecahkan masalah-masalah sulit dan besar.




3. Disiplin.


Memiliki sikap yang mampu memerintah atas dirinya sendiri. Perilaku demikian mendorong orang tersebut untuk senantiasa melakukan hal-hal positif yang tertuju pada tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Perilaku disiplin sangat diperlukan untuk mendorong orang-orang agar senantiasa meningkatkan kompetensinya melalui belajar dari hal-hal yang baru. Simplenya kita bisa lakukan untuk membaca dan menyelesaikan 1 buku setiap bulannya.

Strategi Untuk Sukses.

Disamping sikap dasar maka dalam penerapannya dibutuhkan serangkaian strategi, sehingga denga demikian sukses dapat dicapai secara efektif dan efisien. Pada dasarnya setiap organisasi yang bersaing atau orang yang sedang berkompetisi. Strategi yang diperlukan untuk mencapai sukses adalah sebagai berikut :


1. Fokus pada Pareto,

artinya sesorang harus mampu menentukan urutan-urutan aktifitas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang hendak dicapai berdasarkan kepentingannya. Untuk memudahkan dalam pelaksanaanya dibutuhkan perencanaan yang mendeteil meliputi : urutan apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya dan kapan harus dilakukannya serta siapa yang harus melakukannya. Evaluasi dan Improvement yang berjalan baik.

2. Aliansi.
Untuk sukses kita tidak dapat bekerja sendiriatau hanya dilakukan seorang diri. Bantuan orang lain sangat dibutuhkan secara sinergis sehingga tujuan dan sasaran tersebut dapat dicapai. Team Work sangat berperan, kata TEAM menurut saya adalah "Together Ensure Achievement More.

3. Diferensiasi.
Artinya kita dapat melakukan secara berbeda dari orang lain atau organisasi pada umumnya yang tujuannya dalah pencapaian sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan lebih efektif dan efisien.

Implementasi untuk Sukses


Tingkatan selanjutnya dalam proses mencapai sukses adalah "bagaimana mengimplementasikan strategi-strategi tersebut di dalam aktifitas nyata". Sering organisasi telah mempunyai landasan dan strategi yang tepat untuk mencapai sukses, namun dalam kenyataannya sukses tidak pernah dicapai.

Sesungguhnya, dengan bekal landasan dan strategi sebagaimana digambarkan diatas maka sukses dapat dicapai kuncinya adalah "implementasi harus dilakukan dengan benar dan konsisten". Agar Implementasi dapat dilakukan dengan benar dan konsisten maka yang harus ada Komitmen yang kuat dalam setiap individunya. Pendekatan moril dan spritual adalah cara terbaik untuk senantiasa memelihara komitmen. Tingkat loyalitas terhadap perusahaan sangat tinggi dan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada perusahaan.
Terima kasih telah membaca posting ini dan berkunjung pada blog saya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Sumber : berbagai sumber dan pengalaman selama bekerja di Astra

Tuesday, October 28, 2008

I'll be away without my computer!

Hi Everyone....

I'll be gone for two days to Strasbourg... not taking the computer with me... See you when I get back!!
Ciao, Leesa : )

Today is looking good for "O!"


CNN states that if the ELECTION was held today-- Obama would win with 277 electoral votes - McCain with only 174... Let's hope it stays like this and that the "toss up states" go for Obama!!!!! 7 MORE DAYS TO GO!!!!!!!

Monday, October 27, 2008

Selamatkan Rupiah Kita


Panik dan kacau, gambaran yang terjadi hari ini pasar valuta asing, Borong Dollar US $ itu yang terjadi sampai siang ini. Banyak Money Changer sementara tidak melayani transaksi jual dan beli US $. Krisis global membuat nilai tukar rupiah smakin melemah. Hari ini dalam perdagangan Valuta Asing nilai tukar per 1 dollar sudah menyentuh angka 12.100 rupiah.
Kepanikan sudah melanda pasar, masyarakat banyak dan institusi (organisasi) ramai-ramai memborong dollar dengan berbagai alasan dan kepentingan , sungguh sudah sangat mengkhawatirkan ! bila kita bandingkan dengan minggu lalu Rupiah yang bertengger di kisaran 9.800 rupiah per dollarnya.
Kepercayaan pasar sudah sangat rendah dan melihat berbagai langkah dan kebijakan penyelamatan kondisi keuangan oleh banyak Negara tidak berhasil.
Kini krisis keuangan global terjadi kembali seperti satu dasa warsa yang lalu. Nilai rupiah dikhawatirkan akan mengalami kondisi yang buruk bila krisis ini terus berlanjut. Rupiah yang semakin terpuruk tentu sangat berpengaruh terhadap sektor ekonomi, industri dan sektor lainnya. Ujung-ujungnya, rakyat kecil juga yang menjadi korban.

Pemerintah bersama Bank Indonesia harus berani menerapkan kebijakan pengawasan devisa (capital control) terbatas untuk menyelamatkan rupiah. Pasalnya, penyelamatan melalui operasi pasar terbuka (OPT) sudah tidak efektif lagi menjaga stabilitas rupiah yang hingga kemarin siang terpuruk di atas level Rp 10.700 per dolar Amerika. Terjerembabnya nilai tukar rupiah ini terhadap US $ merupakan fenomena global krisis finansial saat ini.

Hal itu diungkap ekonom dari Universitas Gajah Mada A Prasetyantoko berujar " Menurutnya, jika hanya mengandalkan OPT selain biayanya mahal, efektivitas terlihat kecil. Padahal, BI sedikitnya sudah menggelontorkan cadangan devisanya hingga lebih dari US$4,1 miliar".



"Saya melihat pelaksanaan OPT yang telah lebih dari US$4,1 miliar tidak berhasil memperkuat rupiah. Apalagi, pelemahan rupiah saat ini memang fenomena global akibat sentimen negatif dari krisis keuangan yang berlarut-larut," jelas Prasetyantoko




Lebih jauh, Prasetyantoko mengingatkan pemakaian devisa untuk stabilitasi rupiah bukanlah satu-satunya jalan untuk menjaga rupiah. Meski dia mengakui meredam sentimen negatif pasar memang sangat sulit.

Dalam situasi sekarang, apa yang dapat kita lakukan ? apakah kita ikut memborong US $ seperti banyak orang lakukan ?. Mari kita mulai dari diri kita sendiri (kita tidak dapat hanya menonton saja), untuk menyelamatkan Rupiah kita, agar situasi dan ketakutan akan krisis Finansial bertambah besar tidak terjadi.

1. Yang mempunyai deposito bertahanlah dengan deposito anda. Jangan cairkan uang anda dari bank. Jika anda ikut ikutan mencairkan dana anda, maka akan terjadi bank rush (kesulitan likuiditas), dan krisis keuangan akan semakin bertambah parah.
2. Yang memiliki saham dan turunannya, jangan menjual saham dan derivasinya. Jika anda ikut ikutan menjual saham dan turunannya, maka harga saham akan semakin ambruk, dan krisis akan sungguh terjadi semakin parah.
3. Jangan ikut ikutan memborong dolar. Jika anda ikut ikutan memborong dolar, maka harga dolar akan semakin tinggi dan rupiah semakin terpuruk. Harga barang impor akan semakin mahal, dan inflasi dalam negeri akan semakin menggila.
4. Jangan panik. Jika anda tidak panik, maka krisis akan cepat berlalu.
5. Mari kita sebarkan "Cinta Rupiah" kepada seluruh orang yang ada disekitar kita.
6. Mencintai produk dalam negri agar sektor riil kita dapat eksis.

Harapan kita perekonomian akan cepat pulih. Harga saham akan cepat rebound. Dolar akan cepat menyesuaikan diri pada kurs yang rasional.

Gerakan Moral "LET’S SAVE OUR RUPIAH" ….. perbanyak transaksi dengan rupiah sehingga akan membantu memperkuat nilai mata uang kita terhadap mata uang asing … dan yang paling mudah adalah gunakanlah produk dalam negeri semaksimal mungkin.

Masukan dan pendapat lain dari sahabat Blogger "terhadap kondisi rupiah saat" menambah pemahaman kita.

Terima kasih telah membaca posting ini dan mengunjungi Blog saya. Semoga dapat bermanfaat, Sukses untuk kita semua.

Statistik Jumlah Posting di Blog



Apakah anda selalu ingat dengan jumlah postingan (tulisan) yang kita termuat di dalam Blog kita. Kadangkala kita harus masuk kembali ke "Dashboard" untuk dapat melihat jumlah postingan yang telah tampil di dalam Blog kita. Menampilkan jumlah postingan Blog banyak manfaatnya seperti : akan memberikan semangat baru pada kita (ternyata saya mampu menulis juga ya atau jumlah tulisan (postingan) sudah cukup banyak, atau dapat juga sebagai bahan informasi bagi para sahabat blogger yang mengunjungi blog kita.



Pada kesempatan ini, saya mewartakan kepada para sahabat pecinta blog untuk membuat "widget statistik jumlah posting" pada blog kita masing-masing. Seperti yang ada pada blog saya ini (bagian pojok kanan atas), Blog kita akan menampilkal Jumlah postingan dan jumlah comment yang ada.



1. Masuk ke account blogger anda

2. Pada Dashboard Blogger Anda, klik pada "Layout" link











3. Ini akan membawa Anda ke "Elemen Halaman" tab. Tentukan di mana Anda ingin memasukkan statistik widget dan klik "Tambahkan Gadget" link yang sesuai.















4. Tarik ke bawah daftar dan menemukan "HTML / Javascript" dan klik pada tombol "+"







5. Ini akan membuka "Mengkonfigurasi HTML / JavaScript" jendela. Pada bagian judul, ketik "Statistik Blog" atau "Blog Informasi" atau "Blog Data" atau lainnya sebagai judul Anda mungkin inginkan

6.Pada bagian konten, silahkan salin & sisipkan kode berikut:















Widgets for Blogger


7. Jangan lupa untuk mengganti teks dalam format tebal "yourblog" dengan alamat blog Anda. Perhatikan untuk menggantinya di dua lokasi.



8. Anda jendela harus seperti gambar di bawah ini.







9. "Simpan" tombol di bagian bawah sudut kanan



Jadi deh, silahkan coba pada blog anda, sekarang siapa saja dapat melihat jumlah posting yang dapat dinikmati oleh "Sahabat Blogger".



Terima kasih telah mengunjungi Blog saya dan membaca posting ini, semoga dapat bermanfaat. Sukses untuk kita semua.







Bahaya Kandungan Aspartame pada Makanan dan Minuman



Belum selesai masalah produk makanan dan minuman yang mengandung "Melamine", yang membahayakan kesehatan, kembali saya memperoleh berita tentang adanya kandungan yang berbahaya pada produk makanan dan minuman kita. Sore ini, saya mendapatkan email dari seorang sahabat yang memberitahukan informasi bahaya kandungan aspartame di makanan dan minuman yang ada disekeliling kita, makanan dan minuma tersebut sangat akrab dengan kita. Email tersebut selengkapnya berjudul.

Aspartame penyebab wabah pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus




Hati-hati dengan produk makanan dan minuman yang mengandung Aspartame karena dapat menyebabkan pengerasan otak atau sumsum tulang belakang dan lupus.




Saat ini sedang ada wabah Pengerasan Otak atau Sumsum Tulang Belakang dan Lupus. Kebanyakan orang tidak mengerti mengapa wabah ini terjadi dan mereka tidak mengetahui mengapa penyakit-penyakit ini begitu merajalela. Saya akan beritahu Anda mengapa kita menghadapi masalah yang serius ini. Saat ini banyak orang menggunakan pemanis buatan.

Mereka melakukan ini karena iklan di televisi yang memberitakan bahwa gula itu tidak baik buat kesehatan mereka. Hal ini memang benar sekali. Gula itu merupakan racun bagi tubuh kita, akan tetapi, apa yang orang-orang gunakan sebagai pengganti gula, lebih mematikan. Apa yang saya maksudkan di sini adalah Aspartame. Ini adalah biang wabah yang disebutkan di atas.
Aspartame merupakan bahan kimia yang mengandung racun, yang diproduksi oleh perusahaan kimia bernama Monsanto.

Aspartame telah dipasarkan ke seluruh dunia sebagai pengganti gula dan dapat dijumpai pada semua jenis minuman ringan untuk diet, seperti Diet Coke dan Diet Pepsi. Hal ini juga dapat dijumpai pada produk pemanis buatan seperti Nutra Sweet, Equal, dan Spoonful; dan ini banyak digunakan di produk-produk pengganti gula. Aspartame dipasarkan sebagai satu produk diet, tapi ini sama sekali bukanlah produk untuk diet. Kenyataannya, ini dapat menyebabkan berat
tubuh bertambah karena dapat membuat Anda kecanduan karbohidrat.

Membuat berat tubuh Anda bertambah hanyalah sebuah hal kecil yang dapat dilakukan oleh Aspartame. Aspartame adalah bahan kimia beracun yang dapat merubah kimiawi pada otak dan sungguh mematikan bagi orang yang menderita parkinson.

Bagi penderita diabetes, hati-hatilah bila mengkonsumsi untuk jangka waktu lama atas produk yang mengandung Aspartame ini, karena dapat menyebabkan koma, bahkan meninggal. Bila ada produk yang mengklaim bahwa produk itu bebas gula, Anda Sudah tahu bahwa hal ini mengandung Aspartame.

Jangan mengkonsumsi produk tersebut.

Salah satu minuman suplemen yang mengandung ASPARTAME adalah serbuk effervescent EXTRA JOSS! Pada kemasan tertulis : Mengandung Aspartame 0,06% [ADI 40 mg/kg BB].

Berdasarkan hasil survei di salah satu supermarket di Bandung, selain EXTRA JOSS, produk-produk minuman lainnya yang juga mengandung ASPARTAME yaitu M-150, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Hore..., Frutillo, Segar Sari, POP ICE Es Blender, Segar... Dingin, OKKY Jelly Drink, Sari Vit C, Naturade Gold, AQUA Splash of Fruit, FORTY PLUS.

Beritahukan semua orang yang Anda kenal dan sayangi akan bahaya dari produk yang mengandung Aspartame.

Author: Penelitian Badan POM (Pengawasan Obat & Makanan) - JKT
Yoyok_S
QA Dept PT Prafa
Ph. +62 (0) 21 8751066
Fax.+62 (0) 21 8754094


Saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat Tio Alex (heri.krisakr@yahoo.co.id) yang telah memberikan informasi kepada saya, dan kepada para sahabat blogger, mungkin dapat menambahkan informasi lain atau ada yang memiliki pandangan lain terhadap informasi ini, wacana dan referensi lain akan semakin menambahkan pemahamn kita atas suatu permasalahan dalam mencari solusi.



Terima kasih telah berkunjung di blog saya dan membaca posting ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Sunday, October 26, 2008

Sikap Mental dalam Proses Perencanaan


I love Monday ..., Kesibukan dan aktifitas penuh kita mulai dan jalani di hari pertama minggu ini. Pagi ini kami mulai dengan meeting perencanaan strategi kerja di bulan depan, sangat menarik mendengar kata "Perencanaan", sangat biasa dan kita semua sudah sering membuatnya dan menjalankannya baik dalam ukuran organisasi maupun pribadi. Pada posting ini saya menitik beratkan pada proses perencanaan dan sikap mental yang dibutuhkan.


Perencanaan yang efektif hanya dapat dihasilkan oleh oraganisasi yang anggotanya memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya perencanaan dalam membangun masa depan mereka.


Ada 3 sikap mental yang perlu dimiliki aggota organisasi agar perencanaan yang kita lakukan dapat efektif :
1. Kesadaran diri (self-awareness)
2. Tanggung jawab (responbility)
3. Integritas (Integrity)

I. Kesadaran diri
(self-awareness)

Proses perencanaan harus dipicu oleh adanya kesadaran bahwa "kita sendirilah pencipta masa depan kita". Maka, kesmpulan-kesimpulan dibawah ini akan menjadi jelas :



  • Hidup kita (Nasib) bukanlah suatu kebetulan

  • Hidup kita (Nasib) adalah suatu pilihan

  • Hidup kita (Nasib) bukanlah sesuatu yang ditunggu

  • Hidup kita (Nasib) adalah sesuatu yang dicapai

II. Tanggung Jawab (responbility)

Bila kita sudah menyadari bahwasanya kitalah yang menciptakan dan menentukan masa depan organisasi kita, kita perlu untuk dapat bertanggung jawab untuk dpat menuliskan masa depan organisasi kita saat ini (kemana arah yang hendak kita tuju ? dan apa yang hendak kita capai ?), dan langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk dapat mewujudkannya.

Perencanaan yang dilaksanakan oleh orang-orang ng memiliki kesadaran tinggi dan rasa tanggung jawab yang tinggi, akan menghasilkan rencana yang berkualitas.

Pada umumnya kita sangat ahli di dalam membuat sebuah perencanaan, namun sangat sulit untuk dapat menjalankan dan menjaga konsisistensi pelaksanaan dari perencanaan tersebut. Tanggung jawab dan rasa memiliki sangat perlukan.


III. Integritas (integrity)

Integritas adalah kemampuan seseorang dalam mewujudkan apa yang telah disanggupinya. Integritas menumbuhkan kewajiban bahwa "kitalah yang berkewajiban mewujudkan apa yang telah kita rencanakan". Keberhasilan sebuah perencanaan sangat ditentukan oleh nilai integritas dari para pembuatnya dan anggota yang menjalankannya. Mari kita ciptakan, bangun dan menjaga nilai-nilai integritas dari organisasi kita. Seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi dari pihak lain "memiliki integritas yang tinggi ", Misalnya : Kita sangat percaya kepada staff kita bahwa dia mampu menjalankan tugas yang kita berikan dengan baik dan tepat waktu ataupun dalam lingkungan bisnis yang besar (perusahaan pemenang adalah perusahaan yang memiliki nilai-nilai integritas yang tinggi)





Menurut saya integritas adalah nilai kejujuran, sering kita "tidak jujur" dalam menjalankan, apa yang seharusnya kita lakukan dan kita sadar bahwa hal tersebut kita ketahui dan mutlak untuk dilakukan. Kejujuran adalah kunci sukses kita dalam sukses tidaknya sebuah perencanaan. Kejujuran merupakan "Sikap Mental".



TAHAPAN PENYUSUSUNAN DAN Sikap Mental yang dibutuhkan

IMPLEMENTASI RENCANA

___________________________________________________________________

- Analisa Lingkungan

>>>>>>> Kesadaran Diri

- Menetapkan Misi, Visi dan Keyakinan dasar
Nilai dasar dan Strategi

>>>>>>> Tanggung Jawab

- Rencana Tindakan

>>>>>>>> Integritas

- Tindakan sebenarnya

Terima kasi telah membaca posting ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita. Sukses dalam berkarya bagi kita semua.





Saturday, October 25, 2008

The Big Finn Meetup @ Starbucks....







Today we all met up at the Starbucks (blvd. des capucines) for a big Expat POW WOW!!  It was a GREAT turnout today, as you can see... Mr. and Mrs TBF were in Paris this weekend... and it was really a pleasure to meet them!  What a nice couple!!!!  So, it was The Big Finn, Mrs. TBF, me, Sam, Jasmin, Mira, Animesh, Susa, Elizabeth and Neil... 

Friday, October 24, 2008

The Big Finn and Mrs. TBF in Paris...


We are going to Starbucks tomorrow on rue des capucines to meet The Big Finn and Mrs. Big Finn.... Can't wait... 

Just in time for Halloween!!


Source:  Reuters
Photo:  Ilustrative photo (from the article)

"French President Nicolas Sarkozy has threatened to sue a publishing company unless it withdraws a Sarkozy doll that comes with a "voodoo manual" instructing readers to plant pins in it, his lawyer said on Tuesday.
The doll is emblazoned with some of Sarkozy's most famous quotes such as "Get lost you pathetic arsehole" -- his words to a bystander who refused to shake his hand at a farm show last year. Readers are encouraged to plant pins in the quotes.

"Nicolas Sarkozy has instructed me to remind you that, whatever his status and fame, he has exclusive and absolute rights over his own image," lawyer Thierry Herzog wrote to publishers K&B in a letter published by newspaper Le Monde.

Confirming details to Reuters, Herzog said Sarkozy would sue the publishing firm if it didn't respond and pull the product. K&B has issued 20,000 copies of the manual and doll."

Thursday, October 23, 2008

Umpan Balik



Kata kiasan Umpan balik sering kita dengar dan mungkin kita dimintakan untuk memberikan masukan atau pendapat atas suatu hal yang baru terjadi. Misalnya kita baru saja mengikuti training (umpan balik atas materi dan cara mengajar), melakukan pembelian suatu barang (umpan balik atas pelayanan)dll. Seberapa pentingnya Umpan balik ini bagi pihak-pihak tersebut ?, pentingnya dalam tujuan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan, jasa dan produk atau produk.

Anda baru saja menyelesaikan suatu transaksi dengan klien atau customer kita, apa yang akan kita lakukan : anda mengucapkan terima kasih, memberikan hadiah atau gift, mengundang makan siang/malam klien dengan seluruh staff yang menanganinya atau mungkin sekedar mengangkat telepon dan menghubunginya, meminta referensi dari klien anda untuk klien baru anda.

Yang sangat terpenting dalam hubungan kerja maupun bisnis adalah memastikan bahwa apa yang telah kita kerjakan dapat diterima dengan baik oleh klien, sangat indah bila kita mampu memberikan layananan kepada pelanggan (klien) pada tingkatan delighted (kita telah memberikan suatu layanan yang melebihi ekspektasi klien atau pelanggan kita), misalnya : waktu penyelesaian, potongan harga, tempat dan cara mengirimkan barang, dll

Kita sangat perlu untuk melakukan pertemuan dengan pelanggan/klien setelah kita menyelesaikan transaksi/project yang kita kerjakan, Ucapakan terima kasih dan kita bangga dapat melayani pelanggan tersebut, tunggu dulu itu saja belum cukup !, kita harus mengajukan beberapa pertanyaan yang berkualitas baik kepada pelanggan/klien tersebut.


Pertanyaan seperti apa yang berkualitas ?, sering kita terjebak dengan sikap basa-basi atau hanya sekedar bertanya kepada pelanggan atau klien kita, misalnya :
1. Apakah Bapak Puas
2. Maukah Bapak/Ibu memberikan referensi kepada kami untuk teman atau rekanan Bapak
3. Apakah ada hal lain yang ingin ditanyakan agar kami dapat menjelaskannya ?
Jawaban yang kita terima juga kadangkala bersifat basa-basi atau hanya sekedarnya saja.

Kita sering merasa sudah melakukan proses bisnis dengan sangat baik dan melayani pelanggan sebaik mungkin dalam proses transaksi tersebut, namun dimata pelanggan atau klien malah sebaliknya. Hal ini sering tidak terungkap oleh Konsumen dikarenakan alasan tidak enak, dia sudah baik kepada kita, ntar dia kena tegur dari atasannya, karirnya bisa terhambat, dia sudah lama kita kenal dan masih ada hubungan saudara lagi. Mungkin juga kita hidup dengan Budaya orang Timur yang penuh dengan "rasa sungkan, tidak enakan, takut menyinggung, dll.

Saya sangat yakin kita sendiri tidak menyukai keadaan ini dan kita tidak tau untuk memperbaiki atau dapat meningkatkan kualitas kerja/layanan kita. Kita tidak membutuhkan jawaban netral seperti itu.

Selanjutnya ketika sebuah proyek, produk, jasa layanan atau apapun telah selesai, mempertimbangkan email klien/pelanggan link ke sebuah survei online.



Saya telah menemukan banyak orang yang jauh lebih bersedia untuk berlaku dan berkata jujur dalam menyelesaikan formulir dari pada berbicara langsung kepada Anda.



Tanya mereka apa yang mereka suka tentang proyek yang kita kerjakan dan proses yang telah terjadi - dan kemudian meminta mereka apa yang mereka tidak suka (kurang nyaman). Anda benar-benar tidak ingin tahu. Ia dapat benar-benar sesuatu yang sederhana tentang layanan kita atau perusahaan kita yang dapat lakukan, dengan setiap proyek atau produk/jasa yang kita tawarkan. Misalnya : Konfirmasi atas telah diterimannya pembayaran untuk pesanan barang yang berisi : jumlah, warna, jenis serta jumlah pembayaran. Klien tidak perlu repot untuk memastikan apakah uang sudah diterima oleh perusahaan ?.


Kebiasaan atau proses ini dapat memegang keberhasilan hubungan bisnis yang kita lakukan dan kelangsungan bisnis kita !


Kita harus memulai hal ini dalam team dan rekan kerja kita, kebiasaan ini harus kita bangun dan terapkan, kami selalu mencari umpan balik dengan cara ini, selama beberapa tahun sampai sekarang. Kami mendapatkan tanggapan yang bagus, baik positif dan negatif, yang dapat membantu kami dalam membuat strategi yang selaras dengan proses peningkatan kualiya layanan kami untuk selalu lebih baik kepada pelanggan dan next customer.

Kadangkala masukan dan harapan pelanggan benar-benar sangat merepotkan kita : beberapa masukan, juga – misalnya : Layanan kita buka dalam 7 hari/Minggu, Layanan after office hour s/d jam 21, Emergency Road Assistance 24 jam/sehari dan banyak lagi harapan dari pelanggan.

Kita dapat dengan mudah untuk menyiapkan ke formulir web-email. Siapakan petugas khusus yang menanganinya dan tidak dapat di intervensi pihak lain biasanya langsung dibawah struktur pimpinan perusahaan. Perhatikan untuk menghindari menanyakan pertanyaan yang terlalu terkemuka/sangat biasa : " Apakah Anda menemukan team penjualan kami antusias dalam melayani anda ?", Atau pertanyaan yang memungkinkan jawaban hanya ya atau tidak. Upayakan pertanyaan tetap terbuka. Konsumen dapat memberikan pendapatnya atau saran perbaikan kepada perusahaan, Misalnya : Hal yang perlu diperbaiki dalam proses layanan, pengerjaan, penyelesaain oleh perusahaan kami kepada Bapak/Ibu. Menanyakan dimana proses terburuk dalam layanan kepada pelanggan (Misalnya periode waktu tunggu yang cukup lama dan tidak ada komunikasi dengan pelanggan).

Pastikan formulir isian singkat, terlalu banyak halaman dan halaman, klien akan ragu-ragu bahkan enggan untuk menyelesaikan itu dan sangat memakan waktu (pengalaman saya bahkan ada konsumen yang meminta orang lain untuki menjawabnya, atau menyerahkan formulir kepada team kami untuk dapat mengisinya sendiri .

Berikutnya adalah langkah penting untuk bertindak atas umpan balik tersebut. Hal itu dapat menjamin panggilan atau pertemuan dengan pelanggan untuk rincian lebih lanjut, atau untuk berbicara dengan anggota tim (atau sendiri) jika ada sesuatu yang keliru dan belum pas dengan pelanggan atau klien tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan pujian atas koreksi yang diberikan pelanggan/klien tersebut. Memberikan yang terbaik dan dapat memuaskan pelanggan/klien mutlak diperlukan. Perusahaan harus senantiasa mengkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Terimakasih telah membaca posting ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita. Selamat berkarya.

Get out and VOTE!!!!!

This is a direct cut and paste from a friend's blog! It's Katia and Kylimac who are nominated for podcast awards.. .PLEASE VOTE!!!!!


No, I'm not talking about the US Presidential Elections - I'm talking about the Podcast Awards. Our favorite podcasting duo has been nominated twice (TWICE!) - once in the General category and once in the Travel category. Starting today, you can vote once a day through November 6th. And as Kyliemac said, this is basically a popularity contest - so I'm encouraging you all to bookmark it and vote for them in both categories every day for the next two weeks. Every vote is just one small step towards building the K&K empire. :)

Wednesday, October 22, 2008

Susan from Texas!!

got married last Saturday!! I want to wish the happy couple all the best of everything in the years to come! I was fortunate to have met Susan and her mom last week when they were visiting Paris before the wedding... Susan is a very sweet and charming gal from Texas has been living in Lille for some months now....
A BIG CONGRATULATIONS to SUSAN and CYR!!!

Today I had the pleasure of meeting Susan and her mom in the Marais for breakfast.... After an added 15 minutes of getting us all lost with a two block radius of the resto... we finally made it to our spot- Le Loir dans la théière - 3, rue des Rosiers M St. Paul. Check out this cute, cozy place with great desserts!!!






Susan was sooo charming and sweet!! Great to have met you finally!! Looking forward to seeing you again sometime soon!!

Best wishes to you and Cyr!!! Felicitations!!!!

***All pictures in this post were taken off the web. They're not mine!!

got married last Saturday!! I want to wish the happy couple all the best of everything in the years to come! I was fortunate to have met Susan and her mom last week when they were visiting Paris before the wedding... Susan is a very sweet and charming gal from Texas has been living in Lille for some months now....
A BIG CONGRATULATIONS to SUSAN and CYR!!!

Tuesday, October 21, 2008

Menjadi Organisasi yang Adaptif

Pada atmosfir bisnis yang penuh dengan tekanan, tantangan dan perubahan yang sangat cepat seperti sekarang ini, organisasi-organisasi bisnis yang akan menguasai dan memenangkan masa depan adalah mereka yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan yang terjadi.

Cepatnya perubahan yang terjadi mengakibatkan para leaders harus mengenali
realita-realita yang baru dan mampu beradaptasi secara efektif terhadap berbagai transisi yang terjadi.

Karena berbagai perubahan sudah pasti akan terus menerus datang silih berganti, maka adaptasi harus terus menerus dilakukan – terutama terhadap datangnya realita-realita baru.

Ada beberapa langkah penting untuk menjadi organisasi bisnis yang adaptif terhadap realita-realita yang ada.

1.HindariPenyangkalan Terhadap Realita
Fondasi utama dari organisasi yang adaptif adalah keberakaran pada realita. Dengan kata lain, organisasi yang adaptif adalah organisasi di mana para pemimpinnya menolak untuk menyangkali realita (resisting denial). Resisting denial adalah suatu hal yang penting bagi organisasi bisnis yang adaptif. Denial (penyangkalan) adalah suatu keadaan psikologis di mana mereka yang mengalaminya menolak untuk menerima suatu realita yang tidak menyenangkan.

Keyakinan bahwa semuanya dalam perusahaan akan menjadi baik jika Anda sekedar memberinya waktu adalah tanda-tanda bahwa denial sedang terjadi. Tanda lainnya adalah keyakinan bahwa kondisi-kondisi bisnis tidak berubah atau tidak banyak berubah secara signifikan untuk mendapat perhatian. Penyangkalan memang adalah suatu tahap awal yang mungkin dapat diterima ketika seseorang kehilangan orang-orang yang ia kasihi—namun hal ini tidak boleh mendapat tempat pada manajemen perusahaan.

2.Mengerti kondisi-kondisi bisnis yang sedang terjadi
Usaha-usaha adaptasi yang didasarkan pada kesalahan dalam membaca situasi yang terjadi hanyalah akan membawa kepada kehancuran. Demikian pula adaptasi yang dilakukan berdasarkan pada kondisi-kondisi yang sebenarnya tidak terjadi – hal ini sama saja dengan terus bertahan pada status quo ditengah perubahan yang sebenarnya nyata-nyata sedang terjadi.

Adaptasi yang efektif selalu dimulai ketika para leaders membaca dengan tepat kemana arah dari angin perubahan yang sedang terjadi dalam bisnis yang mereka geluti. Para eksekutif perlu mengenali realita-realita baru dibalik berbagai trend dalam bidang teknologi keuangan, perdagangan, politik dan demografi. Para eksekutif juga perlu mengetahui perubahan atau realita-realita baru yang secara khusus mempengaruhi perusahaan mereka, dan memilah perubahan-perubahan yang tidak perlu mendapatkan perhatian terlalu besar.

3.Terus-menerus melakukan benchmarking
Ketika perusahaan Anda menemukan realita-realita yang baru, maka bisa saja benchmark yang ada sudah tidak lagi relevan. Untuk beradaptasi dengan efektif maka perusahaan Anda perlu mempertahankan dan meningkatkan diri dalam kualitas, citra, kepuasan konsumen, pelayanan, uniecost dan profitabilitas—bila dibandingkan dengan apa yang dilakukan oleh para kompetitor Anda.

Keengganan untuk melakukan benchmarking adalah indikator dari resistansi
terhadap adaptasi—artinya, Anda sebenarnya sedang melawan realita baru yang terjadi.


4.Berhati-hati terhadap kelelahan
Perubahan yang cepat membutuhkan eksekutif yang kompeten, serta memiliki fokus yang tajam dan energi yang besar. Sebaliknya para eksekutif yang lelah, sinis dan tidak fleksibel adalah dapat menyebabkan kehancuran pada perusahaan.

Dampak negatif yang akan terjadi bila para eksekutif yang mengalami burn-out dibiarkan terus menerus menahkodai perusahaan ditengah perubahan yang sangat cepat, maka dampak negatifnya akan luar biasa.

Bila seorang eksekutif mulai cenderung defensif, mudah marah, menyimpan kekesalan, tidak fleksibel, mudah bosan, gemar menunda pekerjaan dan kurang berenergi—maka mungkin perusahaan perlu mengistirahatkannya dan menemukan pemain-pemain baru yang lebih segar untuk memimpin adaptive organization.

5.Restrukturisasi !
Menurut Alfred Sloan, bisnis leader legendaris dari General Motors beragumentasi bahwa strategi sebenarnya mengikuti struktur. Dengan kata lain organisasi yang strukturnya tidak dirancang dengan baik cenderung tidak akan mengalirkan strategi-strategi efektif yang dapat meningkatkan kinerja dan eksekusi yang prima.
Untuk beradaptasi dengan cepat pada realita-realita yang baru, maka struktur harus terus menerus dimonitor dan diperbaiki. Pada era penuh perubahan dan turbulensi ini, struktur-struktur yang menghambat inisiatif dan inovasi, serta menyulitkan proses komunikasi dan produktifitas akan membahayakan kelangsungan hidup perusahaan.

Kemampuan beradaptasi dari suatu organisasi tidaklah dicapai dengan sendirinya. Namun perlu terus-menerus dipertajam. Dari waktu ke waktu perusahaan perlu membuat assement dari kapasitas adaptasi mereka—ketika perusahaan menemukan bahwa kapasitas adaptasi mereka menurun, maka tindakan yang cepat dan agresif perlu dilakukan.

Bila tidak maka perusahaan akan berlambat-lambat dalam menghadapi realita-realita baru yang terjadi terus menerus di sekelilingnya.

Datangnya perubahan dan realita-realita baru bukanlah suatu ancaman namun lebih merupakan suatu kesempatan dan tantangan. Jika Anda tidak beradaptasi, eksistensi Anda cepat atau lambat akan berhenti. Dengan kata lain, adapt…or die !
Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini, Have a good day

4 Disiplin sebuah Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan ide / tujuan membuat perbedaan nyata. Setiap saat kita dapat dengan mudah untuk dapat menetapkan satu tujuan dan objektif, menjadi suatu hal tidak mudah lagi pada tahapan pelaksanaan (eksekusi), Pelaksanaan kegiatan adalah serangkaian total permainan yang berbeda. Anda mungkin telah melihat dan membuat konsep yang sangat baik dikonversi ke dalam proyek dan terlihat sangat mudah, namun dalam pelaksanaannya nanti proyek/konsep yang telah ditetapkan pada pelaksanaannya tidak berjalan seperti yang diharapkan sehingga sangat mengecewakan. Semua cara yang Anda jalankan namun belum memberikan hasil maksimal. Pertanyaannya kenapa …. Dan bagaimana itu terjadi ….., semua sudah dipersiapkan dengan sangat baik ….?

Saya dikelilingi oleh orang-orang dengan ide-ide yang baik. Apakah Saya perlu lebih banyak orang yang dapat melaksanakannya dengan baik.

Stephen R. Covey - The 4Disciplines of Execution dalam bukunya "These are 4 disciplines" - 4 disiplin ilmu eksekusi. Buku ini berbicara tentang tujuan dan bagaimana memberikan prioritas kerja untuk mencapai hasil dengan sempurna. Kita perlu memberi perhatian yang lebih kepada Team yang terlibat dalam pengembangan tujuan dan metodologi pengukuran tujuan. Buku ini memberikan penekanan bagaimana Team dapat berjalan dengan baik dan mencapai sasaran hasil yang telah ditetapkan,.

Ide yang terbaik tidak datang dari pemimpin, tetapi interaksi dari pemimpin dan garis depan (pelaksana kegiatan)

Disiplin 1 – Fokus Sasaran Utama (tujuan) – Anda bekerja dengan bos dan tim untuk memiliki satu tujuan (yang masuk akal) dan harus dapat diukur (hasil dan biaya yang dikeluarkan) dan mempunyai batasan waktu (time). Pada tahapan yang lebih tinggi lagi, tujuan yang ditetapkan harus sejalan dengan strategi organisasi perusahaan. .

Disiplin 2 - Membuat Papan Kontrol yang Menarik dan Menyenangkan - Teman bermain berbeda ketika mereka sedang menjaga skor (sasaran dan tujuan yang hendak dicapai sangat mempengaruhi dengan siapa dan lingkungan kerja). Papan kontrol/Evaluasi pelaksanaan harus mencerminkan 3 (tiga hal) - Di mana kami sekarang, Di mana kami ingin berada (sasaran), Dan kapan kita harus ada di tempat yang kita ingin berada. Tiga poin ini harus di sampaikan dengan komunikasi visual (sehingga semua pihak yang terlibat dengan mudah memahaminya) . Hal ini memungkinkan kita untuk terus mengikuti perkembangan proses kemajuan dan segera dapat melakukan tindakan perbaikan ( korektif).
Disiplin 3 - Terjemahkan Sasaran/ tujuan dengan rencana tindakan - Apa yang kami lakukan tentang semua untuk mencapai tujuan mereka ? Untuk mencapai tujuan/hasil yang anda tidak pernah capai sebelum ini, Anda harus mulai melakukan sesuatu yang anda tidak pernah lakukan sebelumnya (berani melakukan suatu perubahan). Breakdown Struktur yaitu memecah bagian terkecil untuk tujuan dan tindakan tertentu, Sasaran dan tujuan serta cara dan bagaimana dalam melaksanakannya harus dibuat dan dapat dipahami oleh seluruh anggota team. Kami membutuhkan tenaga kerja baru kreatif dan proses berpikir lebih baik untuk dapat mencapai tujuan melalui tindakan tertentu (daily, weekly dan Monthly).

Disiplin 4 - Saling Melengkapi (Team adalah kekuatan) - Pemimpin team harus mengetahui dengan baik "keahlian, kemampuan, pengalaman serta pendidikan", mampu mengorganisasikan dan memberdayakan seluruh kemampuan dari anggota Team akan memberikan hasil yang maksimal , kepercayaan yang meningkat dari anggota team, komitment yang tinggi dari anggota team. Pemimpin harus mampun membangun dan menjaga Kepercayaan dan komitment dari Team dalam pelaksanaan kegiatan dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telam di tetapkan.
TEAM : (Together Ensure Achievement More)
Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kemampuan kita ...,
Terima kasih atas kunjungan anda dan telah membaca tulisan ini, Have a good day



Monday, October 20, 2008

BATU RUBI YANG RETAK


Alkisah, di sebuah kerajaan, raja memiliki sebuah batu rubi yang sangat indah. Raja sangat menyayangi, mengaguminya, dan berpuas hati karena merasa memiliki sesuatu yang indah dan berharga. Saat permaisuri akan melangsungkan ulang tahunnya, raja ingin memberikan hadiah batu rubi itu kepada istri tercintanya. Tetapi saat batu itu dikeluarkan dari tempat penyimpanan, terjadi kecelakaan sehingga batu itu terjatuh dan tergores retak cukup dalam.

Raja sangat kecewa dan bersedih. Dipanggillah para ahli batu-batu berharga untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Beberapa ahli permata telah datang ke kerajaan, tetapi mereka menyatakan tidak sanggup memperbaiki batu berharga tersebut.

“Mohon ampun, Baginda. Goresan retak di batu ini tidak mungkin bisa diperbaiki. Kami tidak sanggup mengembalikannya seperti keadaan semula.”

Kemudian sang baginda memutuskan mengadakan sayembara, mengundang seluruh ahli permata di negeri itu yang mungkin waktu itu terlewatkan.

Tidak lama kemudian datanglah ke istana seorang setengah tua berbadan bongkok dan berbaju lusuh, mengaku sebagai ahli permata. Melihat penampilannya yang tidak meyakinkan, para prajurit menertawakan dia dan berusaha mengusirnya. Mendengar keributan, sang raja memerintahkan untuk menghadap.

“Mohon ampun, Baginda. Goresan retak di batu ini tidak mungkin bisa diperbaiki. Kami tidak sanggup mengembalikannya seperti keadaan semula.”

Kemudian sang baginda memutuskan mengadakan sayembara, mengundang seluruh ahli permata di negeri itu yang mungkin waktu itu terlewatkan.

Tidak lama kemudian datanglah ke istana seorang setengah tua berbadan bongkok dan berbaju lusuh, mengaku sebagai ahli permata. Melihat penampilannya yang tidak meyakinkan, para prajurit menertawakan dia dan berusaha mengusirnya. Mendengar keributan, sang raja memerintahkan untuk menghadap.

“Ampun Baginda. Mendengar kesedihan Baginda karena kerusakan batu rubi kesayangan Baginda, perkenankanlah hamba untuk melihat dan mencoba memperbaikinya. ”

“Baiklah, niat baikmu aku kabulkan,” kata baginda sambil memberikan batu tersebut.

Setelah melihat dengan seksama, sambil menghela napas, si tamu berkata, “Saya tidak bisa mengembalikan batu ini seperti keadaan
semula, tetapi bila diperkenankan, saya akan membuat batu rubi retak ini menjadi lebih indah.”

Walaupun sang raja meragukan, tetapi karena putus asa tidak ada yang bisa dilakukan lagi dengan batu rubi itu, raja akhirnya setuju. Maka, ahli permata itupun mulai memotong dan menggosok.

Beberapa hari kemudian, dia menghadap raja. Dan ternyata batu permata rubi yang retak telah dia pahat menjadi bunga mawar yang sangat indah. Baginda sangat gembira, “Terima kasih rakyatku. Bunga mawar adalah bunga kesukaan permaisuri, sungguh cocok sebagai hadiah.”

Si ahli permata pun pulang dengan gembira. Bukan karena besarnya hadiah yang dia terima, tetapi lebih dari itu. Karena dia telah
membuat raja yang dicintainya berbahagia.

Netter yang luar biasa…. Di tangan seorang yang ahli, benda cacat bisa diubah menjadi lebih indah dengan cara menambah nilai lebih yang diciptakannya. Apalagi mengerjakannya dengan penuh ketulusan dan perasaan cinta untuk membahagiakan orang lain.

TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA DI DUNIA INI

Shi Shang Mei You Shi Quan Shi Mei De Ren

Saya kira demikian pula bagi manusia, tidak ada yang sempurna, selalu ada kelemahan besar ataupun kecil. Tetapi jika kita memiliki
kesadaran dan tekad untuk mengubahnya, maka kita bisa mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada sekaligus mengembangkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki sehingga keahlian dan karakter positif akan terbangun. Dengan terciptanya perubahan-perubahan positif tentu itu merupakan kekuatan pendorong yang akan membawa kita pada kehidupan yang lebih sukses dan bernilai!

Sumber: Batu Rubi yang Retak oleh Andrie Wongso



10 Cara Meningkatkan Penjualan


Anda sebagai orang yang bekerja di bidang penjualan dan pemasaran, so pasti anda menginginkan peningkatan penjualan (pencapaian selalu diatas target).
Sebenarnya begitu banyak cara untuk meningkatkan penjualan anda. Tetapi sepuluh ide berikut adalah landasan untuk menemukan berbagai cara yang dimaksud. Kesepuluh hal ini adalah sesuatu yang sederhana. Saking sederhananya, kadang kita lupa untuk dapat melakukannya.

Pertama, Cintailah pekerjaanmu.
Percayalah bahwa setiap bisnis memiliki ciri dan kharakter yang unik (berbeda satu sama lainnya). Karena setiap bidang bisnis memiliki diferensiasi masing-masing. Ini adalah hal yang sungguh menarik. Dan hukum pasar tentang diferensiasi adalah margin yang tinggi. Untuk itu kita harus memahami dengan benar bidang bisnis tempat kita berada, siapa target pasarnya, bagaimana situasi persaingannya dan keunggulan produk kita dengan bidang yang sama (usaha sejenis.

Kedua, Mintalah umpan balik setiap kali anda gagal dalam menjual.
Kegagalan adalah sumber pembelajaran yang sempurna untuk meningkatkan strategi dan teknik menjual. Saya juga sangat menyarankan kita juga meminta umpan balik dari konsumen atas setiap penjualan yang kita lakukan (untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan skill menjual kita)

Ketiga, Ketika berhasil mencapai penjualan dan memenuhi target, pikirkan apa yang telah anda laksanakan sebelumnya. Kemudian lakukan hal serupa dengan tujuan menyempurnakan teknik dan pola penjualan, menjaga semangat dalam diri bukanlah hal yang mudah (Harapan dan Keyakinan akan sangat membantu).

Keempat, Gigih, tidak mudah menyerah (selalu bersikap positip).
Riset menunjukkan bahwa 70 persen penjualan terjadi setelah kontak kelima kalinya.

Kelima, Bernafsulah seolah-olah andapun sangat menginginkan barang yang anda jual. Jika tidak, tidak ada alasan konsumen untuk membeli. Mungkin juga anda memberikan berbagai informasi bahwa produk yang anda tawarkan adalah pilihan banyak konsumen.

Keenam, Jangan pernah takut untuk menawarkan produk anda.
Konsumen yang berpotensi pasti akan mencari tahu lebih dalam, dan ketika anda melihat kesempatan itu segera untuk melaksanakan transaksi “Always be Closing”, Hilangkan keraguan dalam berkomunikasi dengan prospek.

Ketujuh, Pastikan bahwa setiap penjualan akan membuat konsumen merasa bangga memiliki produk anda. Kita juga harus menunjukkan bahwa “dapat melayani konsumen tersebut menjadi suatu kebanggaan dan akan tetap menjaganya” agar tercipta “customer for life’.

Kedelapan, Pastikan konsumen akan mengerti dengan benar dan menyeluruh akan hak-haknya dan pelayanan-pelayanan yang dapat diterimanya dengan mudah serta yang pasti “bagaimana cara penggunaan produk yang kita jual” agar dapat memberikan hasil yang maksimal > kepuasan dari produk yang dibelinya (Value for Money).

Kesembilan, Mintalah referensi calon pembeli potensial dari konsumen anda yang mungkin akan memperoleh manfaat yang sama dengan yang dia miliki. Miliki daftar calon konsumen yang banyak untuk memastikan kegiatan penjualan anda terus berkesinambungan. Ingat dalam hal ini kita harus menyakinkan Orang yang memberikan referensi “Kita akan menjaga kualitas layanan dan nama baik orang tersebut”, banyak kosumen ragu untuk memberikan referensi (takut mengecewakan pihak lain)

Kesepuluh, Daftar calon konsumen adalah aset. Mungkin tidak akan menjadi konsumen anda saat itu juga, tapi di kemudian hari, siapa yang tahu. Selalu menjaga komunikasi dengan para kosumen kita mutlak diperlukan,.

Selamat menjual dan sukses ada ditangan kita ….
Salam


Prospekting - Sukses Menjual


Apa kunci kesuksesan dari memasarkan produk Anda ? Tentu saja hanya satu jawabannya, kita harus mencari pembelinya dan mengupayakan agar mereka mau membeli produk yang kita jual. Ya, benar, itu karena kita berbicara tentang prinsip dasar bisnis perdagangan. Dengan kualitas, harga, promosi dan program penjualan yang bagus, calon konsumen akan tertarik dan mau memutuskan membeli produk kita, mencari prospek adalah sangat penting biasa kita sebut dengan melakukan kegiatan prospecting.

Propspekting adalah kunci kesuksesan. Para pakar pemasaran mengatakan – meski belum terbukti benar – bahwa kesuksesanmu hari ini adalah hasil kerjamu enam bulan lalu. Maka, lakukan prospekting setiap hari dan yakinlah bahwa apa yang Anda lakukan adalah benih di kemudian hari (ingat hukum petani). Keberhasilan prosepkting sangat ditentukan oleh perencanaan kegiatan dan konsistensi kegiatan tersebut. Berbagai hambatan dan penolakan akan terjadi dalam kegiatan ini, tebarkan jaring pada banyak tempat akan memberikan hasil yang lebih baik bagi tenaga pemasaran.

Ada 2 alasan mengapa melakukan prospekting.


Pertama, untuk meningkatkan penjualan.

Kedua, untuk menggantikan penjualan yang lepas.

Misalnya dalam jual beli properti – dalam perdagangan biasa juga sering - sering kali konsumen yang telah membayar tanda jadi, atau uang muka bahkan surat persetujuan kredit dari bank telah turun (diterbitkan), kemudian mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Maka kita musti mencari gantinya. Bisa juga kita mobil contoh dalam bidang automotive "dimana customer telah melakukan pemesanan (SPK) dan persetujuan kredit dari leasing telah keluar bahkan sudah kadangkala STNK sudah jadi tiba-tiba membatalkan pesanan kendaraan tersebut atau meminta tolong kita untuk dapat segera menjual kembali kendaraan tersebut.

Bisnis Property :


Prospek calon konsumen ideal adalah orang yang memiliki otoritas, potensi dan menginginkan untuk membeli produk kita . Dalam pengamatan dan pengalaman saya menjajakan produk properti, lebih dari 70% pengambil keputusan untuk membeli properti adalah ibu rumah tangga Hal ini wajar dan logis karena seorang ibu rumah tangga akan menghabiskan lebih dari 50% waktunya untuk berada di dalam rumah. Merekalah yang sehari-harinya mengurus rumah. Berbeda dengan suaminya yang mungkin hanya melihat rumah sebagai tempat untuk berpulang istirahat karena dari pagi sampai petang bahkan larut malam berada di tempat kerja.

Bagaimana dengan bisnis yang lain : Kenali produk anda dan tentukan target pasar yang akan diraih, formulasikan strategi prospekting kita (Waktu, Tempat, Media dan Alat pemasaran yang diperlukan) akan sangat membantu keberhasilan prospekting yang kita lakukan.


Referensi
Cara ini lebih efektif karena cara ini adalah seperti promosi dari mulut ke mulut. Artinya terdapat testimoni dari konsumen lama. Mengapa efektif, ibarat berperang, cukup satu peluru untuk satu sasaran.

Pameran
Ini sering kami lakukan terutama pada saat awal launching produk. Karena untuk memperkenalkan produk dengan lebih luas. Berbeda dengan referensi, cara ini cukup menghabiskan banyak peluru untuk sasaran yang masih belum jelas.

Mitra Strategis
Mitra strategis sampai saat ini kami lakukan dengan beberapa perbankan nasional. Bank memiliki nasabah, developer memiliki rumah, bank memiliki pembiayan kpr, developer memiliki produk untuk dibiayai. Leasing di Automotive, Dokter di bidang Farmasi,

Telepon dan Telemarketing
Telepon dan telemarketing adalah metode lapis kedua. Untuk menjual properti, kita tidak serta merta melakukan prospekting dengan menelepon bermodalkan Yellow Pages. Kenapa ? Karena properti itu unik, sangat personal. Metode ini sangat umum untuk dilakukan oleh semua developer. Mencari database kelompok profesi juga sangat membantu.

Networking
Networking menurut saya adalah metode prospekting yang bukan ditujukan untuk menjual produk, tapi untuk lebih mengenalkan Brand. Harapan dari networking adalah berbuahnya referensi-referensi yang akan menjadi konsumen di kemudian hari.

Dan masih terdapat metode prospekting lainnya seperti observasi atau melakukan penelitian tentang produk yang kira-kira diinginkan, atau direct mail (surat pos).

Namun cara yang paling efektif adalah tidak perlu bersandar pada satu metode saja, artinya semua metode bisa dijalankan untuk mencapai hasil yang maksimal.


Satu pesan penting adalah selalu memprioritaskan peluang dengan memprospek prospektus yang paling utama terlebih dulu.





Repose en Paix, Sista!!



Soeur Emmanuel is one woman millions of people will miss!! I read an interview with her almost two years ago and as I was reading the article, I got very teary-eyed!  She devoted her life to God and to helping others... PLUS, she had a LOT of spunk, that woman did!! I have a lot of respect and admiration for her and though I never met her, I will miss her!  Rock on in Heaven, Sister!!!  You'll be celebrating your 100th up there with my mom!!
** Pictures taken from the web.
 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11