Saturday, November 6, 2010

Nama Maskapai Asing yang Batalkan Penerbangan Ke Jakarta

Maskapai KLM
Sejumlah maskapai asing membatalkan sedikitnya 50 penerbangan internasional ke dan dari Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (6/11/2010).

Pembatalan penerbangan tersebut diakibatkan hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi yang kini telah mencapai beberapa daerah di Jawa Barat. “Mereka beralasan demi keamanan atas semburan abu vulkanik dari Gunung Merapi.Keselamatan adalah baik, tetapi sebenarnya abu vulkanik Merapi belum mencapai Jakarta,” kata Kepala Cabang Bandara Soekarno- Hatta, Soedaryanto.

Sejumlah maskapai yang membatalkan penerbangannya melalui Bandara Soekarno-Hatta adalah Malaysia Airlines 6 penerbangan, Japan Airlines (2),China Southern (1), SingaporeAirlines (6), Value Air (4), Turkey Airlines (2), dan KLM (2). Selain itu, maskapai Lufthansa membatalkan juga 2 penerbangan, Emirates (4), Tiger Airways (2), Eva Airlines (2), Etihad (2), dan Air Asia (13).
Semua penerbangan internasional ditunda kecuali Garuda Indonesia dan Lion Air. Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Hari Cahyono menyesalkan pembatalan jadwal penerbangan internasional tersebut, sebab penerbangan di Soekarno-Hatta masih layak.

“Kami tidak menutup bandara ini,” katanya. Dia mengakui bahwa pembatalan penerbangan tersebut dilakukan setelah tersiarnya kabar abu vulkanik yang sudah sampai di Bandung. “Namun, saya jelaskan, sebenarnya penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta masih normal,” katanya.

Atas kejadian tersebut, Hari akan meminta penjelasan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai isu abu vulkanik Gunung Merapi yang kini dikabarkan sudah sampai di Bandung. Salah satu penerbangan yang dibatalkan adalah pesawat KLM flight KL810 menuju Swedia. KLM seharusnya berangkat Sabtu malam, pukul 19.25 WIB, tujuan Kuala Lumpur-Amsterdam-Stockholm.

Namun Humas KLM mengeluarkan pemberitahuan resmi yang dibagikan kepada para calon penumpang di check in gate Terminal 2E, Bandara Soekarno-Hatta. Pemberitahuan yang dikeluarkan Station Manager Air France-KLM Royal Dutch Airlines, Anita Kusumawardani, itu dibagikan Sabtu sore sekira pukul 16.30 WIB. Selanjutnya, penumpang dialihkan ke pesawat Garuda Indonesia melalui Denpasar, hari Minggu.

Sementara itu, Cathay Pacific menginformasikan melalui situsnya bahwa penerbangan ke dan dari Jakarta ditunda dan akan berangkat Minggu jika kondisi sudah memungkinkan.

Singapore Airlines dan Malaysia Airlines juga merilis bahwa penerbangan ke dan dari Jakarta ditunda untuk sementara sampai hari Minggu. “Kami akan terus memantau situasi tersebut, itu tergantung apakah abu vulkanik mengelilingi wilayah Jakarta atau tidak,” kata seorang juru bicara Malaysia Airlines.

Corporate Communication Manager PT Indonesia Air Asia, Audrey Progastama Petriny, menjelaskan, pembatalan tersebut telah diinformasikan ke seluruh penumpang melalui telepon, SMS, dan e-mail.

“Bagi penumpang yang telah membeli tiket penerbangan dengan rute-rute yang telah dibatalkan dapat meminta pengembalian tiket (refund) sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan saat melakukan pembelian,” katanya.

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11