Tuesday, August 12, 2008

MANAJER SATU MENIT

MANAJER SATU MENIT " The One Minute Manager" hanyalah sebuah simbol bahwa di era digital ini kita tidak semestinya menyia-nyiakan waktu. Semua pekerjaan harus dilakukan secara efektif. Dan, bukankah ini adalah sebuah prinsip umum yang banyak dikenal di dunia modern sekarang ini?
Namun bukankah ini juga yang ingin dicapai oleh berbagai perkembangan manajemen? Lantas apa beda antara manajer satu menit dengan manajer-manajer yang lain? "Alkisah ada seorang anak muda yang mencari sesosok manajer efektif. Ia ingin bekerja pada manajer tersebut. Ia juga ingin kelak ia menjadi manajer seperti itu. Dari pengamatannya ada dua macam manajer. Pertama, manajer yang "tangguh". Mereka mencapai tujuan "kemenangan" organisasi, sedangkan orang-orang mereka "kalah". Atasan mereka beranggapan manajer tersebutadalah manajer yang baik karena bisa mencapai tujuan-tujuan organisasi. Mereka berorientasi pada hasil-hasil dan laba. Namun bawahan mereka berpikiran sebaliknya, karena mereka merasa tersisihkan.
Kedua, manajer yang "menyenangkan". Orang-orangnya tampak menang dan senang,namun organisasinya kalah. Bawahan mereka menyebutnya sebagai manajer yangbaik, partisipatif, penuh perhatian, beperikemanusiaan. Namun atasan merekamengernyitkan dahi karena tujuan organisasi tampak tersisihkan. Mereka cenderung berorientasi pada orang. Seolah-olah kebanyakan manajer di dunia ini hanya berminat pada satu diantara dua ini: hasil atau orang.

Yang beorientasi pada hasil disebut otokratis. "Sebaliknya, yang berorientasi pada orang disebut demokratis".

Anakmuda itu beranggapan bahwa ke dua tipe manajer itu setengah efektif. Manajer yang efektif semestinya mampu mengatur diri mereka sendiri dan orang-orangyang bekerja dengan mereka sehingga organisasi maupun orang-orangnya dapat mengambil keuntungan dari kehadiran mereka. Tapi, bagaimana? Akhirnya ia bertemu dengan seorang manajer yang disebut-sebut orang sebagaimanajer yang efektif. Manager Satu Menit . Apa itu ? Yaitu manajer yang memperoleh hasil-hasil baik tanpamembutuhkan banyak waktu. Jika demikian, apakah ini berarti manajer satu menit lebih cenderung pada hasil-hasil saja? Tidak ! Karena manajer satumenit juga mengadakan rapat-rapat, mendengarkan bagaimana orang-orang mereka meninjau dan menganalisa pencapaian, problem dan pengembangan strategi dimasa depan. Dan keputusan-keputusan dalam rapat itu mengikat bagi seluruh organisasi. Lho !
"Jika demikian manajer satu menit adalah manajer yangcenderung partisipatif dan mementingkan kemenangan orang-orang dong ?" Bukan! Manajer satu menit adalah manajer yang berusaha mencapaitujuannya,baik itu kuantitas dan kualitas, melalui orang. Prinsip utama yang menjadikan manajer satu menit mampu mencapai kemenangan tujuan dan kemenangan orang adalah "ORANG-ORANG YANG MERASA ENAK TERHADAP DIRI MEREKA MEMBERIKAN HASIL-HASIL YANG BAIK".

Setiap orang akan bekerja dengan sangat baik jika mereka sedang merasa enak terhadap diri mereka sendiri. Maka, kuncinya adalah bagaimana kita bisa membantu orang-orang itu merasa enak terhadap diri mereka sehingga mereka melakukan lebih banyak dan lebih baik. Anda harus membantu orang-orang mencapai potensi penuh mereka. Andaharus mendorong orang dapat bekerja sangat baik, yaitu mereka bisa menghasilkan hasil-hasil yang berharga dan merasa senang terhadap diri mereka,organisasi serta orang lain dengan siapa mereka bekerja.

Manajer satu menit menginvestasikan pada orang-orang untuk mendapatkan hasil-hasil, karenaorang adalah sumber daya terpenting. (Kenneth Blanchard Ph.D. & Spencer Johnson M.D. - The One Minute Manajer)

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11