Tuesday, February 19, 2008

CUSTOMER CENTERED MARKETING


Kita mengenal berbagai konsep pemasaran dari mulai yang sederhana hingga yang sangat kompleks (4P, Marketing Mix) dan strategi-strategi baru yang penuh inovatif untuk dapat menggaet customer lebih banyak dan unggul dibanding pesaingnya. Konsep pemasaran berubah dari pendekatan produk secara masal ke pendekatan secara pribadi (individu), bahasa sederhananya produk maupun jasa yang kita berikan harus sesuai dengan keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan.

Inilah salah satu pendekatan yang berbasiskan Customer, Customer Centered Marketing, pelanggan dijadikan subyek dengan mempelajari perilaku dan kebutuhannya, dan melakukan customization agar kebutuhannya dapat dipenuhi yang menimbulkan customer satisfaction.

Pada tahap selanjutnya, dapat dilakukan individualizing yaitu pemahaman konsumen bukan sekedar bagian dari sebuah kelompok, tetapi sebagai individu. Konsekuensinya pendekatan yang dipakai bukan lagi mass customization tetapi sudah one to one marketing.
Agar one-to-one marketing dapat diterapkan mesti didukung oleh Customer Relationship Management (CRM), yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan dalam menanggapi permintaan konsumen yang demikian cepat berubah.

Konsep CRM merupakan suatu proses untuk meramalkan tingkah laku pelanggan dalam rangka meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Secara sederhana CRM adalah strategi memperoleh, mengkonsolidasi dan menganalisis data pelanggan dan kemudian dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sehingga memberikan suatu pandangan yang komprehensif terhadap pelanggan yang akan dimanfaatkan untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Data pelanggan dilacak dan dianalisa berkaitan dengan variabel ekonomi, demografi, gaya hidup, psikografi dan elemen-elemen interaktif pelanggan.

Melalui customer-interaction records yang rinci, pemasar dapat mendesain produk dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Dalam tataran ini pelanggan bukan hanya memperoleh layanan yang dibutuhkan saja, tetapi memperoleh layanan yang melebihi harapannya (customer delight) bukan lagi sekedar customer satisfaction. Bentuk layanan yang disodorkan pemasar bukan hanya customer service, tetapi sudah meningkat menjadi customer care.
Automotive Astra International kita kenal dengan Astra World nya, Paket hemat ber 5 dari Indosat atau Hallo Keluarga di Telkomsel, Private Banking, Mobile dan SMS banking dalam Industri perbankan, Low cost carrier dalam industri penerbangan yang dipelopori oleh Air Asia dan Lion Air, Garuda dengan Garuda Frequent Flyer, Mie Sedap dari grup Wings dengan Mie Jumbonya, A Mild dan Dji Samsoe Premium dalam Industri Rokok.

Perubahan untuk melakukan perbaikan terasa sudah sangat kuno yang diperlukan adalah bagaimana kecepatan perusahaan mampu mendisain produk dan layanannya dengan inovasi-inovasi baru dan mampu cepat membaca perubahan dari perilaku dan kebutuhan konsumen. Yamaha mampu mengalahkan dominasi Honda di Roda 2 di Indonesia adalah sebagai buktinya, dengan mengeluarkan produk-produk yang selalu baru dalam penuh inovasi berhasil diterima pasar. Nama besar bukan jaminan dan sejarah dapat berubah dan perubahan itu sangat cepat, kadangkala kita baru tersadar setelah semua terjadi dan menjadi sangat terlambat.

Salam

david p pangaribuan
http://igoman.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11