Saturday, February 16, 2008

MEMBANGUN TEAM WORK




Organisasi perusahaan adalah sekumpulan orang-orang yang bekerja dan mempunyai perbedaan latar belakang pendidikan, keahlian, jabatan, usia dan mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam tujuan yang telah ditetapkan. Team work dari setiap individu dalam perusahaan memiliki peranan dan menentukan keberhasilan perusahaan tersebut.


Team work kita kenal sebagai kerjasama antar masing-masing individu di dalam suatu tugas ataupun misi yang telah ditetapkan untuk dapat dicapai atau di hasilkan, misalnya "Mencapai Market share 34% dari suatu produk, Meningkatkan Revenue perusahaan. Untuk itu diperlukan Team Work dari seluruh karyawan. Kemampuan untuk dapat berkerjasama dari masing-masing bagian/departemen sangat menetukan keberhasilan team work tersebut.



Membangun Team work tidaklah sesederhana yang kita bayangkan, diperlukan suatu pemahaman dan kemampuan untuk membangun suatu team work yang berhasil, kumpulan orang-orang yang memiliki kemampuan dan ahli pada bidangnya, bukanlah menjadi suatu jaminan keberhasilan dari Team work.


Sepakbola adalah permainan team sehingga untuk dapat memenangkan suatu pertandingan, kerjasama antar pemain menjadi dominan, sebagai contoh "Chelsea FC" klub kaya raya di liga Inggris dengan kemampuan financial yang sangat kuat mampu membeli para pemain-pemain berkualitas tinggi dan mempunyai nama besar dari seluruh dunia. Semua mengetahui bagaimana hasil prestasi dari Chelsea FC .....di liga primiership Inggris.

Untuk mencapai keberhasilan di dalam membangun team work, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian :

  1. Tetapkan tujuan atau sasaran yang jelas yang hendak dicapai oleh team,

  2. Membagi tugas dan tanggung jawab dari masing-masing anggota team dan menunjuk pimpinan dalam team tersebut,

  3. Informasi yang uptodate dari setiap proses yang dilakukan dalam team tersebut dalam tujuan setiap anggota team mengetahui progres dari project yang sedang dikerjakan, informasi yang salah mengakibatkan keputusan yang salah.

  4. Membangun self confidence dari setiap anggota team, "Jadilah orang yang dapat dipercaya dan diandalkan" adalah sikap yang harus dipunyai seorang pimpinan. Proses ini sangat menentukan dalam membangun moral dari setiap anggota team. Lips service hal yang tabu dan harus dihindarkan.

  5. Pimpinan harus memiliki sikap ,"Terbuka, Memberi dukungan dan senantiasa mampu memberikan "Penghargaan (Reward), Recognation (Pengakuan) and Celeberation (Merayakan)" pada anggota team.

  6. Melakukan Review yang terjadwal dan terencana dan proses perbaikan,

  7. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif agar setiap anggota team mampu memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya (kooperatif dan kolaboratif),

  8. Sebagai pimpinan harus mampu menjadi contoh (Role Model) memberikan Inspirasi, antusiasme dan senantiasa mempunyai sikap optimisme, disiplin dan Integrity yang harus ditunjukkan kepada anggota team.

  9. Membangun budaya kerja yang senantiasa melakuan yang terbaik (passion to excel) dan budaya "We growth together" keberhasilan yang dicapai adalah oleh Team.

Kumpulan orang hebat dan berpengalaman tidak menjadi jaminan keberhasilan team work organisasi anda, Leadership yang kuat dari pimpinan sangat menentukan keberhasilan tersebut.

Salam

dppangaribuan@gmail.com

http://igoman.blogspot.com













No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11