Sunday, February 3, 2008

ENGGAGED PERFORMANCE (EP)

Mencapai Sustainable Growth tujuan dari seluruh perusahaan, mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan harus dilihat adanya suatu keterkaitan dan proses yang berkelanjutan dalam setiap nafas kehidupan perusahaan tersebut, ada 4 dimensi yang perlu kita mengerti untuk melihat bagaimana perusahaan perusahan mencapai keberhasilan tersebut.

Pemahaman System
Variasi
Pengetahuan
People

Enggaged Performance adalah penekanan terhadap “People Concept” how reach the fullest of their capability dari setiap orang yang menjadi bagian dari organisasi.

Karyawan adalah Asset menjadi jargon yang populis dikalangan management. Dewasa ini hampir setiap saat membicarakan orang orang yang bertalenta sebagai asset yang semakin langka dewasa ini.
Awal abad 21 sebagai tonggak datangnya era knowledge economy, yang mengakibatkan perusahaan sangat membutuhkan orang bertalenta bahkan cendrung memperebutkan mereka guna memenangi persaingan dipasar bebas yang cenderung ganas ini dan sangat cepat mengalami perubahan. Karyawan yang fullskill dan loyal merupakan idaman bagi setiap perusahaan saat ini.
Coba kita lihat orang-orang yang ada di perusahaan tempat kita bekerja saat ini, Ada yang berprestasi tinggi, biasa-biasa saja ataupun ada yang sangat tidak produktif bahkan sudah tidak punya passion untuk menjadi lebih baik.
Kita bisa mengelompokkannya dalam 4 kuadrant Bisa dan Mau.
Apakah juga teori 20 : 80 juga ada pada perusahaan kita dimana hanya 20% saja dari karyawan kita yang “full skill atau fullest of their capability” dalam bekerja ?
Kaum Medioker alias karyawan yang mempunyai kemampuan pas-pasan tidak bisa lagi diandalkan. Untuk menjaga kenyamanan pekerja adalah sesuatu yang sulit, apalagi orang orang bertalenta sebab mereka lebih loyal pada kompetensinya ketimbang pada perusahaan tempatnya bekerja.
Mengutip tulisan Harvard Business Review edisi maret 2007 “ mengelola para TOP TALENT agar betah dan nyaman bekerja di suatu perusahaan adakah tugas terpenting zaman ini”. Tempat yang cocok untuk top talent di perusahaan : keuangan, pemasaran, riset dan pengembangan, Pemasaran dan sumber daya manusia. Ciri ciri menonjol dari orang yang memiliki talent adalah ilmuwan yang brilian, periset andal, komunikator ulung, jago financial dan lainnya,

Pemimpin senantiasa melakukan perbaikan2 yang bersifat strategic dalam organisasinya, dalam hal ini pemimpin harus kreatif dan mampu mencari, menemukan, merumuskan serta membuat kebijakan yang bersifat mendorong (driver) dalam tujuan talenta2 yang ada diperusahaan memiliki komitment yang kuat pada perusahaan dan mampu memberikan inspiring bagi karyawan lainnya.

Enggaged Performance memiliki 4 key driver (dorongan) :
1. Internal effectiveness leadership (kepemimpinan efektif)
2. Talent Management (kesempatan karyawan untuk maju)
3. External business focus (Kemampuan perusahaan merespons perubahan eksternal)
4. Internal effectiveness direction (arah perubahan jangka panjang)

Pemahaman akan 4 kunci dan melaksanakannya dengan baik yang menentukan sebesar apa komitmen seorang karyawan terhadap perusahaan.
Sangatlah tidak mudah bagi management dalam men drive karyawan dengan multi talent tersebut , karena masing masing karyawan memiliki dorongan yang berbeda dan mudah sekali berubah-ubah.
Jadi tak ada suatu kepastian bahwa satu pendorong tertentu akan selalu menjadi pendorong utama komitment karyawan untuk mengaktualisasi seluruh potensi dan kompetensinya. Karena dinamisnya factor pendorong ini perusahaan harus mampu membaca dan mencari arah kemana pendorong komitmen karyawan bergerak.

Pemimpin memiliki peranan yang sangat penting di dalam keberhasilan perusahaan dan pemimpin harus membuktikannya.

* Ia tidak hanya mampu melihat yang kasat mata dengan mata "persepsi", juga tidak hanya dengan mata "probability" seperti pengamat. Pemimpin Visioner mempunyai mata "possibility", karena ditangannya segala hal memungkinkan.
Rhenald Kasali - Re Code DNA hal 114

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11