Tuesday, February 19, 2008

INOVASI MENCIPTAKAN PASAR BARU


Perusahaan senantiasa mencari ide-ide baru dalam tujuan peningkatan revenue dan profit, berbagai proses metode/model dilakukan dalam pencarian tersebut agar setiap produk dan jasa dari perusahaan tersebut dapat diterima dan sukses di pasar. Inovasi tiada henti dan kreatif di dalam seluruh aktifitas perusahaan suatu hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Berbagai produk dan layanan baru dibuat, dikemas dan diluncurkan kepasar agar memiliki keunggulan (advantage) dan Nilai (Value) dibandingkan dengan pesaingnya. Kita melihat bagaimana sebuah produk dan pelayanan dalam suatu pasar tertentu/tetap dapat membentuk kategori atau pasar baru. Produk dan pelayanan diubah sedemikian rupa agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan baru atau orang/situasi baru yang tidak dipertimbangkan sebelumnya. Proses penciptaan ini merupakan Inovasi.

Perlu di ingat bahwa "Keunggulan dari proses ini adalah mampu menciptakan atau membentuk pasar baru" bukan penguasaan atas segment atas pasar yang sudah ada.
Beberapa contoh yang dapat kita lihat adalah :

Mini Market di POM Bensin
Pompa bensin secara umum dikenal sebagai tempat untuk membeli bahan bakar, saat ini bagaimana benyak Pompa Bensin yang juga dilengkapi dengan fasilitas Mini Market yang menjual aneka makanan dan minuman, ATM dan tempat peristirahatan singkat yang nyaman bagi penggunanya.
Proses yang terjadi adalah bagaimana perusahaan yang mengelola Pompa Bensin melihat adanya peluang dan dapat dimanfaatkan dengan baik, inovasi ini menghasilkan keuntungan.

Perubahan pola kehidupan,perilaku dan tuntutan dari konsumen dapat dibaca dan dikemas dalam satu bentuk bisnis yang memberikan manfaat bagi perusahaan. Waktu yang semakin terbatas (sempit), Jarak atau waktu tempuh yang semakin panjang dan lama dari konsumen setiap harinya dari tempat kerja dan rumah tinggal (faktor jarak dan kepadatan lalu lintas), Suami dan Istri bekerja, tuntutan akan kenyamanan, kepastian dan kecepatan menjadi penting dan sangat berharga bagi konsumen. Konsumen dapat membeli berbagai kebutuhannya di Mini Market di area Pompa Bensin.

Area Peristirahatan di ruas toll yang nyaman, Pompa Bensin, Restoran dan Mini Market, ATM, Factory Outlet.
Pengelola jalan tol mampu menciptakan pasar baru dari pasar yang sudah ada, dengan menyediakan area dan bangunan untuk disewakan memberikan margin keuntungan bagi perusahaan. Saya yakin anda pernah menikmatinya dan melakukan aktifitas di area ini.

Starbuck dan Bizz Net
Pada awalnya tempat ini adalah membeli secangkir kopi, sandwich dan cake juga menjadi tempat yang nyaman untuk Negoisasi sampai Deal Business, menjamu relasi, teman atau sekedar menunggu kemacetan berkurang di sore hari. Menjual Voucher Internet dengan kecepatan tinggi berbasis waktu ini memberikan margin keuntungan dari Starbuck. Pelayanan ini merupakan jawaban atas kebutuhan dan keinginan dari pelanggannya. Meminum kopi dalam suasana yang nyaman dan tetap dapat bekerja dengan bantuan koneksi internet.

Contoh lain yang mampu menciptakan pasar baru dari pasar yang sudah ada.


  1. Astra Wolrd dari Astra International - peruntukannya untuk memberikan nilai tambah dari pelayanan Astra Industri Automotive. Sangat besar kesempatan yang dipunyai untuk menjadi sebuah bisnis jasa yang sangat menguntungkan yang tidak harus berbenturan dengan bisnis inti dari devisi otomotif astra. Sebagai ide saya saja Astra World dapat membuat Astra World Zone di Mall yang hanya dapat dinikmati oleh anggota Astra World, berbagai aktifitas penjualan dan promosi dapat dilakukan.

  2. Mingguan Bola dan Kontan dari Kompas - pada awalnya hanya merupakan suplemen gratis kepada para pembaca Harian Kompas. Saat ini menjadi Mingguan yang ber-oplah sangat besar.

  3. Radio menjadi Organizer berbagai kegiatan seminar dan pertunjukan musik dan seni.

  4. Alfa Mart dengan BCA.

  5. Klub Sepakbola dengan Merchantnya yang menjual beraneka ragam barang dengan logo klubnya bahkan sudah ada yang mempunyai stasiun TV sendiri.

  6. Gramedia dengan konsep baru "tidak hanya menjadi tempat membeli buku"

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan berpikir kreatif dan Imajinatif untuk menghasilkan Inovasi dalam menciptakan pasar baru dari pasar yang sudah ada. Penciptaan pasar baru ini merupakan cara yang paling efektif dan efisien agar mampu bersaing dalam pasar yang semakin ketat persaingannya.


Salam ...


Bahan bacaan : Lateral Marketing by Philip Kotler & Trias de Bes


dppangaribuan@gmail.com


http://igoman.blogspot.com/





No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11