Monday, May 25, 2009

Perang Bintang dalam Tim Sukses Capres 2009



Perang bintang tak terhindarkan dalam pemilihan presiden 2009 ini. Tiga pasang kontestan yang akan bertarung dalam pilpres masing-masing adalah pensiunan jenderal Angkatan Darat. Wiranto yang mendampingi Jusuf Kalla merupakan jenderal bintang empat dengan jabatan terakhir Menhankam/ Panglima ABRI.

Sedangkan Susilo Bambang Yudhoyono yang berpasangan dengan Boediono adalah jenderal bintang empat. Jabatan terakhirnya sebelum menjadi presiden adalah Menko Polkam. Sementara Prabowo Subianto yang digaet Megawati adalah mantan Pangkostrad dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga.

Di belakang para jenderal petarung yang akan bersaing di pilpres ini masing-masing diperkuat gerbong tim sukses yang berintikan para pensiunan jenderal. Dari tiga tim sukses, memang hanya tim Megawati-Prabowo yang diketuai pensiunan jenderal, tetapi inti dari tim sukses sebagian besar adalah pensiunan jenderal.


SIAP ADU STRATEGI

Tim sukses pasangan Jusuf Kalla-Wiranto diketuai oleh Menteri Perindustrian Fahmi Idris. Di dalam tim ini ada sejumlah pensiunan jenderal yang siap adu strategi. Masing-masing adalah pemegang jabatan puncak di Angkatan Darat dan beberapa di antaranya dari AL.

Di tim ini ada mantan Kasad Jenderal (purn) Subagyo HS dan mantan wakasad Jenderal (pur) Fachrul Rozi. Selain itu juga ada mantan Kasum TNI Letjen (pur) Suaidy Marasabessy, mantan Ketua FABRI DPR Laksda (pur) Abu Hartono, mantan Komandan Sesko ABRI Marsdya (pur) Basri Sidehabi, mantan Sekjen DPP Partai Golkar Letjen (pur) Ary Mardjono dan Sekjen DPP Golkar saat ini Letjen (pur) Soemarsono.

Sedangkan di Tim Sukses pasangan Megawati-Prabowo Subianto diketuai oleh mantan Pangdam Udayana Mayjen (pur) Theo Syafei. Meski di antara jenderal yang masuk dalam tim sukses pasangan ini, jumlah bintang di pundak Theo lebih sedikit, tapi karena kedekatannya dengan Megawati, wajar saja dia menjadi ketua tim.

Gerbong jenderal tim ini adalah mantan Danjen Kopasus dan Deputy Kepala BIN Mayjen (pur) Muchdi Pr, mantan Pangdiv Kostrad Mayjen (pur) Kivlan Zen, mantan Kasospol ABRI Letjen (pur) Haryoto PS dan mantan Kepala Bais Letjen (pur) Farid Zaenudin.

Selain itu juga ada Letjen (pur) Yogi Supardi dan Mayjen (pur) Glenn Kairupan. Selain berada di tim sukses, sejumlah jenderal juga memperkuat pasangan Mega-Pro sebut saja mantan Pangdam Udayana Mayjen (pur) Adang Ruchiatna.

Dari Tim Sukses SBY-Boediono diperkuat dengan jenderal-jendral yang sedikitnya menyebar pada sembilan elemen tim sukses. Misalnya saja mantan Panglima TNI Marsekal (pur) Djoko Suyanto, ada di elemen Echo yang punya pimpinan di tingkat kabupaten/kota.

Ada juga mantan Kapolri Jendral (pur) Sutanto, mantan Kasau Marsekal (pur) Herman Prayitno, mantan Kasum TNI, Letjen (pur) Suyono, mantan Kaster Letjen (pur) Agus Widjoyo yang berada dalam gerakan Pro-SBY. Selain itu juga ada mantan mantan Asisten Logistik Panglima TNI Mayjen (Purn) Abikusno dan Mayjen (pur) Sardan Marbun.

BERBAHAYA

Keterlibatan para pensiunan jenderal dalam politik khususnya dalam pemilihan presiden pada Pemilihan Presiden 2009 sangat berbahaya. Apalagi mereka berada dalam posisi yang saling berlawanan antara satu dan lainnya.

“Mereka tersebar dan saling berlawanan, mereka menjadi tim sukses pasangan yang berbeda itu artinya mereka akan saling berhadap-hadapan baik dalam dukungan maupun kampanye nanti,” kata pengamat politik Fadjroel Rachman yang dihubungi, Senin malam


Menurutnya, seharusnya mereka menahan syahwat politik setelah pensiun. “Tapi karena ingin mendapatkan keuntungan politik atau bahkan kekuasaan akhirnya mereka masuk partai dan menjadi tim sukses pasangan capres-cawapres,” papar Fadjroel lagi.

Semoga para Pensiunan Jendral yang menjadi bagian tim sukses dari para Capres dapat menjunjung tinggi sportifitas dan mengedepankan kepentingan Bangsa dan Negara Indonesia, tidak mempengaruhi Netralitas TNI - Polri aktif.

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11