Saturday, October 11, 2008

Membangun Sikap Pemenang - Team Sales


Berapa waktu yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam penjualan ?
Tentu saja "usaha, kerja keras dan dedikasi adalah penting".
Pemahaman yang sangat baik dari proses penjualan juga penting. Tetapi lebih dari itu. Yang paling berhasil adalah mereka yang memiliki pandangan sedikit berbeda dibandingkan dengan teman kerja ataupun orang pada kebanyakan.

Saya baru-baru ini bekerja dengan sekelompok orang dibidang penjualan, mereka memiliki nilai dan jumlah penjualan tinggi serta pengalaman yang luas. Mapan dan sukses dalam karir dan begitu cerdas serta sangat menikmati pekerjaannya. Apa yang menjadi kekuatan mereka dan membuat mereka berbeda dengan yang lainnya. Mereka tidak menggerutu, mengeluh, merengek atau mengeluh tentang banyak hal dalam pekerjaan yang kita jalani. Kegagalan dan kekecewaan dalam proses pekerjaan (penjulan) juga pernah mereka alami seperti tenaga penjual lainnya, namun mereka mengatakan “yang membedakan mereka dengan yang lain” adalah mereka memiki mentalitas positif dan bersikap positf terhadap apa yang terjadi.

Ini adalah bukti bahwa ini kelompok orang gila yang sikap pemenang. Dan saya percaya bahwa sikap ini memberikan kontribusi utama untuk keberhasilan mereka. Jadi, apa dan bagaimana untuk dapat memiliki sikap pemenang ? ....

Sebuah sikap pemenang adalah kemampuan untuk fokus pada tujuan jangka panjang walaupun hasil jangka pendek anda tidak berjalan. Ini lebih sulit daripada kelihatannya. Terlalu banyak orang mengambil dari mata mereka akan tujuan jangka panjang, ketika pengalaman mereka yang lebih lambat atau dua bulan dan berakhir dengan hanya fokus pada kekurangan hasil mereka. Akibatnya, mereka mengalihkan/tidak fokus pada apa yang telah dikerjakan dan pasto penjualan mereka terus mengalami penurunan.

Sebuah sikap pemenang yang berarti tahan akan godaan untuk tidak menyalahkan ekonomi, persaingan, atau hal lain seperti kondisi pasar saat penjualan yang tidak bagus atau kondisi ekonomi yang suram. Pemenang akan fokus pada apa yang dapat mereka kontrol, tidak seperti orang yang rata-rata/pada umumnya, tenaga penjualan yang selalu mencari pembenaran atau menyalahkan orang lain, suatu kondisi untuk membela diri atau hanya mencari sebuah pembenaran.
Sikap pemenang berarti berupaya menjelajahi berbagai pilihan dan pendekatan untuk dapat menjual, memiliki banyak ide dan inovasi, tidak mudah menyerah serta tidak hanya menggunakan cara-cara pada umumnya yang banyak digunakan orang lain.

Sales force terbaik terus mengasah kemampuan mereka. Mereka membaca buku koran dan artikel yang berhubungan dengan sales dan informasi yang baru. Mereka mendengarkan CD atau Talkshow di radio, TV dan Internet. Mereka mengambil keuntungan dari setiap program pelatihan mereka dapatkan termasuk seminars dan juga belajar dari prospek yang di temui. Pemenang tahu bahwa usaha mendapatkan lebih kompetitif setiap hari dan mereka mengambil tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Mereka bekerja dengan teknik baru , gaya, penampilan dan media komunikasi yang baru.

Seorang pemenang fokus pada sikap berarti menampilkan nilai produk atau layanan Anda. Tidak seperti rata-rata penjualan orang, pemenang tidak fokus pada harga. Mereka tahu bahwa kebanyakan pembeli dan pelanggan yang lebih peduli dengan mereka memecahkan masalah dan mendapatkan solusi lengkap daripada mendapatkan harga termurah atau terendah namun tidak dilayani dengan baik atau tidak mendapatkan seperti apa yang menjadi kebutuhan terpenting dari pelanggan. Saya tidak mengatakan harga tidaklah penting namun yang perlu diingat adalah “Harga tidak yang utama” jangan terjebak dalam lingkaran “Harga menjadi penentu dalam proses pembelian”.

Tenaga penjualan rata-rata adalah orang yang dengan cepat untuk menawarkan diskon, pemenang berkonsentrasi pada pelanggan dengan menunjukkan bagaimana mereka memberikan produk dan layanan yang berbeda dari saingan mereka. Misalnya : Mudah dihubungi, cepat dan tanggap akan kebutuhan pelanggan, Jaringan After Sales yang lengkap dan mudah didapatkan, memiliki warranty dan tenaga yang terlatih dan handal. Tidak percaya diri dan takut gagal faktor utama seorang salesforce yang terjebak dengan Perangkap “Harga” .

Menjadi seorang pemenang adalah sikap mampu menerima kenyataan bahwa Anda tidak akan mampu untuk menutup setiap penjualan dari setiap prospek yang anda garap. Pemenang menyadari bahwa serangkaian 'kata “No' akan membawa banyak mereka semakin dekat dengan kata ' Ya '.

Pemenang tidak dapat menikmati kehilangan prospek yang beralih ke pesaing tetapi ia tidak akan memukul diri atau larut dalam kesedihan yang mendalam ketika itu terjadi, Jangan pernah menangisi padi yang sudah rusak, segera cabuti dan tanami dengan yang baru, dan selalu menganalisa dari setiap kegagalan yang terjadi, melakukan proses perbaikan.

Menjadi seorang pemenang memiliki sikap belajar dari setiap penjualan dan interaksi untuk meningkatkan hasil masa depan. Pemenang selalu mengambil setiap kesempatan untuk belajar. Seorang Manajer penjualan harus mampu menekankan perlunya “setiap penjualan dievaluasi” ini mudah namun yang sering pada tahap awal dan selanjutnya terabaikan. Kita lebih sering untuk menganalisa kegagalan dibanding dengan sebuah keberhasilan. Analisis singkat ini dan kritik diri-Nya membantu dia meningkatkan kinerja sehingga ia tidak mengulangi kesalahan itu dan selalu belajar dari keberhasilan untuk mendapatkan keberhasilan yang lebih besar dan lebih baik.

Sikap Pemenang adalah salah satu sikap optimis dan semangat. Yang paling berhasil saya tahu semua orang memiliki prospek yang besar. Mereka tahu bahwa dibalik kesulitan ada peluang, dan ketika 'item' terjadi, mereka cepat beradaptasi dan mampu bertahan. Mereka selalu mencari cara untuk mencegah 'item' dari terjadi karena mereka belajar dari setiap situasi.



Pemenang tidak diam di masa lalu-mereka fokus pada masa depan karena mereka menyadari bahwa mereka tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi. Namun, mereka mengetahui bahwa mereka bisa mempengaruhi apa yang terjadi di masa depan



Manajer penjualan yang memiliki sikap pemenang mereka bekerja dengan team penjualan yang menyenangkan bukan yang menakutkan atau membuat team enggan berhubungan teratur dengannya, dan Manager selalu mengerti dengan jelas akan kehilangan kesempatan penjualan yang terjadi.

Sikap Pemenang Manager penjualan dapat menjadi pelatih team mereka dan memberikan pelatihan yang sedang berjalan untuk team. Merayakan sikap individu dan tim akan hasil dan selalu mendorong mereka dengan kuat akan rasa kebanggaan dalam organisasi dan menjadi seorang tenaga Penjual. Pada akhirnya, mereka memimpin dengan contoh dan membuat tim memiliki sikap pemenang. (Leading by Example), Menciptakan dan membawa organisasi penjualan selalu menjadi yang terbaik dalam segala kegiatan, kekompakan dan kerjasam Team yang terpelihara dengan baik.

Apa yang sedang Anda lakukan untuk mengembangkan sikap pemenang ?

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11