Friday, March 12, 2010

Bosowa Foundation Tawarkan Beasiswa Prestasi 2010

Apa Itu Beasiswa Prestasi Bosowa ?




Bosowa Foundation menawarkan beasiswa kepada putra/putri daerah Sulawesi Selatan yang berprestasi, memiliki kepribadian yang terpuji dan berjiwa kepemimpinan yang tinggi, untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di universitas terbaik di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Surabaya.

Pemberian beasiswa ini melalui program Beasiswa Prestasi Bosowa, yang rutin dilaksanakan Bosowa Foundation sejak tahun 2005. Pemberian beasiswa ini sebagai komitmen Bosowa Foundation untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa, utamanya di Sulawesi Selatan.

Selama periode 2005-2009, beasiswa ini sudah disalurkan kepada empat orang mahasiswa Institut Pertanian (IPB) Bogor, dua orang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Jakarta, tiga orang mahasiswa Institut Teknologi (ITB) Bandung, tiga orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan empat orang mahasiswa Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya

Penerima beasiswa mendapatkan program pengembangan profesional seperti program kerja magang pada waktu tertentu selama masa pendidikan untuk mengaplikasikan keterampilan dalam lingkungan kerja yang profesional, program kegiatan pengembangan kepribadian dan kepemimpinan, kepedulian sosial dan lingkungan, dan lain sebagainya.

Apa Saja Cakupan Beasiswa Prestasi Bosowa?

Beasiswa Prestasi Bosowa adalah beasiswa penuh (full scholarship). Adapun besaran beasiswa disesuaikan dengan perguruan tinggi dan daerah tempat kuliah masing-masing penerima beasiswa. Beasiswa ini diberikan untuk jangka waktu tidak lebih dari 9 semester akademis S1.
Beasiswa penuh diberikan yang mencakup hal – hal sebagai berikut :
1. Biaya pendaftaran ke perguruan tinggi dimana pendaftar telah diterima.
2. Biaya SPP/BOP setiap semester sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.
3. Uang saku untuk mendukung biaya hidup selama masa kuliah.
4. Tunjangan buku untuk pembelian buku yang dibutuhkan selama masa kuliah.
5. Tunjangan penelitian, untuk mendanai penelitian yang dilakukan saat masa akhir kuliah.

Siapa Saja yang Dapat Mendaftar?

Penerima Beasiswa Prestasi Bosowa adalah siswa/siswi tamatan tahun pelajaran 2009/2010 SMA/sederajat yang lulus atau diterima di salah satu jurusan dari perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Bosowa Corporation khususnya untuk kelas reguler melalui Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB/UMPTN/UMB) yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
Persyaratan umum untuk mendapatkan Beasiswa Prestasi Bosowa:
1. Warga Negara Indonesia
2. Memiliki nilai akademik minimum rata – rata 8.0 selama masa SMA/sederajat.
3. Pada saat pengajuan lamaran beasiswa, tidak sedang mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi manapun.
4. Merupakan siswa/siswi tamatan tahun pelajaran 2009/2010 dan mendapatkan rekomendasi dari sekolah masing-masing.
5. Setelah lulus pada tahap seleksi, para finalis harus diterima di salah satu Perguruan Tinggi serta fakultas / jurusan yang ditunjuk oleh Bosowa Foundation khususnya untuk kelas reguler melalui Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

Bagaimana Seleksi Beasiswa Prestasi Bosowa Dilaksanakan ?

Untuk mendapatkan program beasiswa ini, siswa/siswi berprestasi harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Bosowa Foundation dan lulus pada tahapan penjaringan dan pada akhirnya lulus atau diterima di salah satu jurusan dari perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Bosowa Corporation. Ada tiga tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon penerima beasiswa, yaitu tes potensi akademik dan tes psikotest/wawancara. Tahapan akhir adalah seleksi SPMB/ UMPTN/UMB.

Pada setiap proses seleksi yang dilaksanakan, panitia seleksi Beasiswa Prestasi Bosowa Foundation akan mengumumkan hasil seleksi dengan menghubungi peserta seleksi yang dinyatakan lulus. Informasi diberikan baik secara langsung melalui telepon dan maupun melalui sekolah yang bersangkutan. Panitia seleksi tidak menerima korespondensi selama proses seleksi berlangsung.

Pendaftaran
Untuk pendaftaran harus melalui rekomendasi sekolah masing masing dengan mencantumkan :
• Nama Siswa/Siswi
• Kelas / jurusan
• Nilai akademik minimum rata-rata selama sekolah ditingkat SMA
• Nomor telepon pribadi dan sekolah yang bisa dihubungi
Pendaftaran dibuka sampai tanggal 27 Maret 2010. Pendaftaran dikirim langsung dan ditujukan ke Tim Seleksi Beasiswa Bosowa Foundation, dengan alamat: Gedung Menara Bosowa Lt.23, Jl. Jend. Sudirman No.5 Makassar 90240 atau Email ke: munajab.alwy@bosowa.co.id atau fax : 0411 420320.

Seleksi I (Tes Potensi Akademik) :

Pengumuman/informasi mengenai peserta yang berhak untuk mengikuti Seleksi I (Tes Potensi Akademik) akan dihubungi melalui telepon dan informasi ke sekolah masing-masing.
Tes Potensi Akademik dilakukan untuk mengukur kemampuan potensi akademik peserta yang dilaksanakan di kota-kota tertentu yang dipilih berdasarkan efektifitas jarak tempuh tempat pelaksanaan seleksi dengan kota/daerah peserta seleksi. Pelaksanaan Seleksi I (Tes Potensi Akademik) akan dilakukan di lima daerah yaitu Bulukumba, Bone, Palopo, Parepare, dan Makassar.

Jadwal Seleksi I (Tes Potensi Akademik)

30 Maret SMA Negeri 2 Bulukumba 08.30-12.00
1 April SMA Negeri 1 Bone 08.30-12.00
3 April MAN Palopo 08.30-12.00
5 April SMA Negeri 1 Pare-pare 08.30-12.00
7 April Gedung BMDI Makassar 08.30-12.00

Seleksi II (Tes Psikotest dan Wawancara) :

Setelah mengikuti Tes Potensi Akademik, maka peserta yang dianggap lulus harus mengikuti Seleksi II (Tes Psikotest dan Wawancara). Seleksi psikotest dilaksanakan untuk melakukan pendalaman terhadap karakter dan kepribadian peserta seleksi, sedangkan wawancara dilakukan untuk mendalami orientasi peserta sebelum ditetapkan kelulusan dalam proses seleksi beasiswa.

Jadwal Seleksi II (Tes Psikotest dan Wawancara)

19 April Gedung Bosowa Management Development Institute (BMDI)
08.30 – 12.00 Jl. Lanto Dg. Pasewang Makassar

Tahapan SPMB/UMPTN/UMB

Tes SPMB/UMPTN/UMB adalah tahapan terakhir dimana peserta yang dinyatakan lulus pada Seleksi II (Tes Psikotest dan Wawancara) harus mendaftar program regular di salah satu jurusan dari perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Bosowa Corporation melalui Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
Setelah dinyatakan lulus pada pada ujian masuk perguruan tinggi (SPMB/UMPTN/UMB) peserta harus secepatnya melaporkan diri pada panitia seleksi Beasiswa Prestasi Bosowa Foundation agar segera dikordinasi untuk persiapan pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

Jurusan Apa Saja yang Dapat Dijadikan Pilihan ?



Peserta yang dinyatakan lulus pada Seleksi II (Tes Psikotest dan Wawancara) harus mendaftar program regular di salah satu jurusan dari perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Bosowa Corporation. Adapun perguruan tinggi yang dimaksud adalah:
1. Universitas Indonesia, Jakarta
Akuntansi, Ekonomi & Studi Pembangunan, Manajemen, Hubungan Internasional, Komunikasi, Pidana dan Keperdataan.
2. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Hubungan Internasional, Komunikasi, Akuntansi, Ekonomi Manajemen.
3. Institut Teknologi 10 Nopember, Surabaya
Teknik Informatika, Mesin, Elektro, Kimia, Industri.
4. Institut Teknologi Bandung, Bandung
Teknik Informatika, Mesin, Elektro, Kimia, Industri, Sipil, Planologi, Geologi.
5. Institut Pertanian Bogor, Bogor
Manajemen Agribisnis, Ekonomi Pertanian & Sumberdaya, Agronomi Holtikulktura.

INFORMASI LEBIH LANJUT
Hubungi Tim Seleksi Beasiswa Prestasi Bosowa Foundation di no. telepon : 0411 5011968
atau cp. Najab Alwy (phone. 04115767729)

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11