Saturday, March 13, 2010

Mengenal Domain dan Hosting

Kasus somasi Perusahaan Sony Corporation kepada seorang blogger Indonesia Sony AK menjadi berita populer di dunia Online. Sengketa kepemilikan nama domain menjadi akar dari permasalahan ini. Perusahaan Jepang tersebut beranggapan bahwa nama domain dari Sony-AK sangat mirip dengan nama merek dagang mereka "Sony", ini dapat menimbulkan pemahaman yan salah dari konsumen, ini dapat menimbulkan kerugian bagi mereka. Sony Corporation meminta Sony-AK pemilik nama domain untuk menyerahkannya :nama domain tersebut" kepada Sony Corporation.

Tidak semua orang mengerti dengan baik tentang istilah domain, Menurut Wikipedia Nama Domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Untuk gampangnya "domain" merupakan nama unik/alamat untuk website anda, domain biasanya diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .asia, .us dan lain-lain.

Contoh :
Domain yahoo.com adalah yahoo.com, domain google.com adalah google.com, dan domain detik.com adalah detik.com

Pengertian Hosting

Hosting biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Dengan kata lain Hosting adalah salah satu bentuk layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data – data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.

Sebuah server web hosting akan online 24 jam sehari, sehingga memungkinkan kita bisa membuka web site yang dihosting kapanpun. Anggap saja ini ibarat Hardisk atapu pun flash disk kita (tempat menyimpan data-data).

Bila anda berkeinginan untuk mempunyai website, untuk kepentingan pribadi maupun bisnis, pertama kali anda harus memiliki atau mencari dan mendaftarkan nama domain tersebut. Nama domain tersebut menjadi alamat website anda tersebut, selanjutnya anda harus menyewa web-hosting, (Domain dan hosting juga ada yang gratis)

Cara mudah membuat website adalah dengan menghubungkan nama domain kita dengan server webhosting, kemudian simpan/upload data-data webite kita ke media penyimpanan webhosting. Dengan begitu, setiap kali orang mengetik nama domain anda di browsernya, maka website anda akan tampil di layar monitor. Jadi deh website anda dan siap untuk tampil di internet, dapt dibuka siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Saya berharap, ini dapat membantu anda untuk dapat mengerti dan memahami dengan baik tentang arti dan fungsi "Domain dan Hosting".

No comments:

Post a Comment

 

FREE HOT VIDEO 1 | HOT GIRL GALERRY 1

FREE HOT VIDEO 2 | HOT GIRL GALERRY 2

FREE HOT VIDEO 3 | HOT GIRL GALERRY 3

FREE HOT VIDEO 4 | HOT GIRL GALERRY 4

FREE HOT VIDEO 5 | HOT GIRL GALERRY 5

FREE HOT VIDEO 6 | HOT GIRL GALERRY 6

FREE HOT VIDEO 7 | HOT GIRL GALERRY 7

FREE HOT VIDEO 8 | HOT GIRL GALERRY 8

FREE HOT VIDEO 9 | HOT GIRL GALERRY 9

FREE HOT VIDEO 10|HOT GIRL GALERRY 10

FREE HOT VIDEO 11|HOT GIRL GALERRY 11